Langkah Tepat Disdik Terapkan PJJ Selama Kabut Asap

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan seempat, akhirnya mengeluarkan surat edaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama kabut asap bagi peserta didik jenjang PAUD, SD, dan SMP, dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mulai tanggal 5 hingga 7 Oktober 2023.

Adanya kebijakan itu disambut baik kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya yang dinilai sebagai langkah tepat mengingat kondisi kabut asap di wilayah setempat semakin pekat, sebagai dampak dari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kebijakan pengalihan kegiatan belajar mengajar selama kabut asap bagi peserta didik jenjang PAUD, SD, dan SMP, menjadi PJJ sangat tepat, di tengah kondisi udara yang buruk,” kata Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita, Kamis (5/10/2023) di Palangka Raya.

Dilanjutkan Ruselita, saat ini kualitas udara di Palangka Raya sudah pada level berbahaya sehingga dikhawatirkan mengganggu kesehatan peserta didik. Karenanya kebijakan mengalihkan proses belajar mengajar menjadi PJJ menjadi langkah yang cepat dalam mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari kqbut asap tersebut.

Terlepas dari itu Ruselita berharap, pihak sekolah bisa menjalankan semua poin-poin surat edaran tersebut, sehingga apa yang menjadi tanggungjawab sekolah benar-benar bisa dijalankan di lingkungan sekolah.

Adapun berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Dinas Pnendidikan Kota Palangka Raya Nomor 800/266/Disdik.Um-Peg/X/2023 tanggal 4 Oktober 2023 dan ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani menyebutkan, dari data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) KLHK saat ini status udara Kota Palangka Raya dalam ‘level berbahaya’.

Dalam edaran itu mengintruksikan kepada seluruh satuan pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP, dan pendidikan keseteraan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (belajar dari rumah) mulai 5-7 Oktober 2023.

Disampaikan, setelah tanggal 7 Oktober 2023, Dinas Pendidikan akan mengevaluasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil kebijakan selanjutnya, dan akan disampaikan kepada seluruh satuan pendidikan.

Sementara itu berdasarkan informasi, Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng juga mengeluarkan surat edaran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama kabut asap bagi peserta didik jenjang SMA sederajat yang dialihkan menjadi PJJ mulai tanggal 5 hingga 6 Oktober 2023. (MC. Kota Palangka Raya.1/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *