Lahan Kosong Tiga Hektare Terbakar di Kawasan Bandara Tjilik Riwut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Palangka Raya sudah mulai terjadi menjelang musim kemarau. Senin (11/9/2017) pukul 15.00 WIB lahan di Jalan Adonis Samad terbakar.

Lokasi terbakarnya lahan kosong ini ada dua titik. Pertama di Jalan Bandara Utama II dan satunya lagi di dekat terminal bandara yang baru. Di lokasi pertama lahan yang terbakar seluas dua hektare.

Sedangkan di lokasi kedua seluas satu hektare. Untungnya api yang membakar semak-samak kering tersebut bisa cepat dipadamkan oleh petugas gabungan yang dikoodinir oleh Satgas Karhutla Kota Palangka Raya.

Tim gabungan ini terdiri dari BPBD Kota Palangka Raya, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Manggala Agni, dan BPK Hiu Putih. Menurut Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto kebakaran lahan tersebut baru bisa dipadamkan pukul 17.00 WIB.

Untungnya dalam kebakaran lahan ini tidak menimbulkan kerugian material, karena yang terbakar berupa lahan kosong milik warga. Di sisi lain Tim Karhutla Kota Palangka Raya terus mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Sebab saat ini wilayah Kota Palangka Raya sudah memasuki musim kemarau. Tapi berdasarkan ramalan dari Badan Metreologi, Klematologi, dan Geofisika (BMKG), musim kemarau tahun ini masuk kategori kemarau basah atau masih ada hujan.

Meski demikian tim terpadu Karhutla terus melakukan patroli rutin ke wilayah kelurahan yang dianggap rawan kebakaran hutan dan lahan. Bahkan Posko Karhutla sudah beberapa bulan ini telah diaktifkan di depan kantor BPBD Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan