Kwarcab Palangka Raya Ingin Miliki Sanggar Pramuka Baru

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna memajukan organisasi kepanduan gerakan Pramuka di Kota Palangka Raya, maka sarana maupun fasilitas penunjang sebagai wadah serta pusat kegiatan ke pramukaan sangat diperlukan. Diantaranya, perlu adanya  Sanggar Pramuka baru.

“Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kota Palangka Raya memang menginginkan adanya Sanggar Pramuka baru yang lebih representatif sebagai pusat kegiatan Pramuka di Palangka Raya,” ungkap Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Kamis (6/9/2018).

Mofit yang juga ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Palangka Raya ini lebih lanjut mengatakan, selama ini memang telah ada sanggar pramuka yang juga representatif di Jalan KS Tubun Palangka Raya, namun keberadaan sanggar tersebut pemanfaatan dan pengelolaannya lebih banyak dilakukan oleh pengurus Kwarda Kalteng, terutama diperuntukan untuk kegiatan diklat kepramukaan.

“Maka itu alangkah baiknya kedepan kita bisa memiliki sanggar tersendiri, sehingga dapat menjadi sekretariat dan pusat kegiatan kepramukaan di Palangka Raya,” tambahnya lagi.
  
Menurutnya, dengan memiliki sanggar Pramuka sendiri, setidaknya pembinaan dan pengembangan beragam giat kepramukaan dapat dengan mudah terpantau, serta lebih fokus terutama dalam mengakomodir pengembangan gudep-gudep (gugus depan) yang ada di Palangka Raya.

Dalam bagian lain, keinginan perlunya sanggar pramuka baru juga pernah disampaikan Walikota Palangka Raya yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Palangka Raya, HM Riban Satia. Dimana kata dia, pemerintah kota telah menyiapkan lokasi yang dinilai cocok guna pembangunan sanggar, yakni di kawasan Jalan Seth Adji Palangka Raya.

“Area lahan di kawasan Jalan Seth Adji kami anggap tepat dibangun sanggar Pramuka atau pusat pelatihan kepramukaan Palangka Raya,” bebernya.

Namun sayangnya kata Riban, rencana pembangunan sanggar tersebut hingga sekarang belum bisa terealisasi, mengingat keterbatasan anggaran yang ada. “Kita berharap pemerintahan kedepan bisa memperhatikan hal ini, sehingga kegiatan kepramukaan dapat lebih baik dan maju,” ucapnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan