Kunjungan Wisata di Palangka Raya, Cenderung Turun

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Subandi mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan ke obyek wisata di Palangka Raya saat ini cenderung mengalami penurunan. 

Hal itu berdasarkan data yang dihimpun, dimana pada tahun 2017 lalu wisatawan yang berkunjung ke Palangka Raya, hanya sebesar 337.081 ribu, padahal  pada tahun 2016, sebesar 391 ribu lebih, artinya pada tahun 2017 mengalami penurunan kunjungan wisatawan.

“Mengacu dari data tersebut, kita mengharapkan pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota Palangka Raya, harus dapat peningkatan kunjungan wisatawan, jangan sampai ada kecenderungan turun,” katanya, Jum’at (6/4/2018).

Menurut Subandi, pihaknya sangat menyayangkan terjadinya penurunan kunjungan wisatawan, padahal dari tahun 2016 ada trend wisatawan memiliki ketertarikan dengan obyek wisata yang ada di Kota palangka Raya.

“Intinya kami dari kalangan dewan prihatin, wisatawan yang berkunjung kog mengalami penurunan.Padahal sektor wisata ini merupakan visi-misi Pemerintah Kota Palangka Raya,” tandasnya lagi.

Maka dari itu, dinas terkait harus mengevaluasi, kenapa terjadinya penurunan tingkat wisatawan tersebut. “Saya pikir ini sangat erat dengan inovasi dan kreatifitas promosi wisata. Misalkan melalui media konfensional, online atau promosi melalui media sosial. Bila perlu diadakan event tingkat nasional untuk menarik wisatawan ke Kota Palangka Raya,”cetusya.

Caranya kata Subandi, Pemerintah Kota Palangka Raya melaui dinas terkait, harus berkolaborasi  menggaet investor dan pengusaha untuk mempromosikan objek wisata maupun untuk membuat event kepariwisataan.

“Kuncinya harus mampu merangkul investor bagaimana mengelola wisata dan meningkatkan kepariwisataan di Palangka Raya,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan