KPU Palangka Raya Pleno Penyampaian Hasil Tes Kesehatan Bakal Calon Walikota

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menggelar rapat pleno untuk menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan delapan pasangan bakal calon walikota dan calon wakil walikota, Rabu (17/1/2018).

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi ini dihadiri komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palangka Raya, bakal calon walikota dan calon wakil walikota serta perwakilan dari partai politik.

Dalam rapat pleno ini diketahui jika hasil tes kesehatan ke-8 bakal calon dinyatakan sehat atau memenuhi syarat (MS). Meski lolos tes kesehatan, namun belum memberikan jaminan ke-8 bakal calon tersebut bisa lolos ke tahap berikutnya.

Sebab menurut Eko Riadi ada beberapa calon yang syarat administrasinya belum lengkap, sehingga harus dilengkapi dulu. Karena itu KPU Kota Palangka Raya memberikan waktu tiga hari sejak pleno ini untuk segera melengkapi berkas yang kurang.

Eko menuturkan berkas bakal calon yang belum lengkap misalnya surat keterangan pailit dari Pengadilan Tata Negara Surabaya, Jawa Timur, legalisir ijazah, surat keterangan wajib pajak, dan syarat lainnya yang belum lengkap.

“Kalau saat pendaftaran masih bisa menunjukan surat daftar pengurusan untuk mengurus status kepailitan, namun sekarang sudah harus bentuk aslinya dan waktu perbaikan syarat administrasi ini hanya diberikan waktu tiga hari,” ujarnya.

Sementara itu khusus bakal calon perseorangan, mulai Kamis (18/1/2018) sampai (20/1/2018) merupakan jadwal untuk menyerahkan dokumen dukungan ke KPU. Setelah itu selama seminggu akan dilakukan verifikasi faktual tahap II.

Selanjutnya 12 Februari 2018 KPU menetapkan calon kepala daerah yang bisa maju dalam Pilkada serentak. Tahap selanjutnya adalah masa sosialisasi dan kampanye. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan