KPU Palangka Raya Gelar Pleno Lanjutan Untuk Dua Calon Perseorangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menggelar rapat pleno lanjutan rekapitulasi verifikasi faktual ulang terhadap dukungan bakal calon perseorangan atau independen, Minggu (31/12/2017) pukul 14.00 WIB.

Rapat pleno ini hanya diikuti pasangan Yuliastry-Fathul Munir dan pasangan Rizky Mahendra Nihin-Daryana yang sebelumnya meminta agar KPU Palangka Raya melakukan verifikasi faltual ulang di Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Kota Palangka Raya Eko Riadi bersama empat komisioner ini dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jekan Raya, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Jekan Raya, dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palangka Raya.

Ternyata setelah dilakukan verifikasi faktual ulang di Kelurahan Menteng selama dua hari 30-31 Desember 2017, tim pasangan Yuliastri-Munir tidak mampu menghadirkan orang-orang yang sebelumnya diklaim telah mendukungnya.

Sehingga dalam verifikasi ulang ini pasangan Yuliastri-Munir sama sekali tidak mendapatkan tambahan dukungan. Jadi total dukungan pasangan Yuliastry-Munir setelah diplenokan KPU jumlah dukungannya tetap 11.259 dukungan.

Jadi dukungan pasangan Yuliastri-Munir masih kurang 8.441 dukungan, namun dalam tahap II, pasangan ini harus menyerahkan dukungan dua kali lipat yakni 8.441 dukungan dikali dua maka total yang harus diserahkan ke PKU Palangka Raya berjumlah 16.882 dukungan.

Sementara itu untuk pasangan Rizky-Daryana dalam verifiasi faktual di Kelurahan Menteng hanya mendapatkan tambahan 30 dukungan, sehingga total dukungan yang memenuhi syarat (MS) setelah diplenokan KPU berjumlah 12.666 dukungan

Jadi pasangan Rizky-Daryana masih kurangan 7.045 dukungan, namun sesuai aturan, pasangan ini juga harus menyerahkan dukungan dua kali lipat dari kekurangan di tahap II yakni 7.045 dukungan dikali dua sama dengan 14.090 dukungan.

Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi mengatakan penyerahan dukungan tahap II ini dilakukan mulai 18-23 Januari 2018. Setelah itu dukungan mereka akan dilakukan verifikasi administrasi dan kemudian dilakukan verifikasi faktual lagi. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan