Kotim Berhasil Sandingkan Gelar Juara 1 Lomba habayang

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Tim Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil sandingkan gelar juara 1 lomba Habayang (Gasing)  dalam event Festival Budaya Isen Mulang tahun 2018, di Kabupaten Kuala Kapuas, Jumat (04/05/2018)

Hasil ini diperoleh tim Kotim yang terdiri dari beregu putra dan beregu putri ini dan mendapatkan juara 1 di semua kategori setelah menyingkirkan tim dari kabupaten/ kota lainnya.

Habayang ini merupakan salah satu permainan warisan masa lampau di Kalimantan Tengah (Kalteng), oleh sebab itu lomba ini menjadi lomba wajib yang dipertandingkan dalam FBIM, hal ini untuk menumbuhkan kepedulian untuk melestarikan nilai- nilai tradisi, ungkap Rosine selaku koordinator lomba habayang.

Lagun salah satu dewan juri menjelaskan bahwa setiap regu hanya beranggotakan 3 orang pemain dan wajib membawa gasing dan tali, gasing terbuat dari kayu ulin untuk putra berdiameter 9 cm dan putri 5,5 cm.

Setiap gasing yang digunakan peserta akan dicek oleh dewan juri dan ditandai oleh panitia, tambahnya

Permainan Habayang akan didahului adu putaran gasing terlama oleh kedua regu, pemenang berkesempatan untuk memukul gasing lawan terlebih dahulu sebanyak 3 kali dan kemudian memasang 3 kali.

Gasing milik pemasang tidak boleh dibetulkan dan dipindahkan, gasing yang sah putaranya bila posisi kepala gasing tetap berada diatas dan bagian pasaknya dibawah, gasing pemasang harus berada dalam lingkaran (sebanyak 3 kali memasang) gasing lawan yang tidak berputar tersebut dianggap kalah maka pihak lawan memperoleh nilai 10, tutupnya (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan