Kota Palangka Raya Juara 2 Lomba Lawang Sakepeng Kategori Putri

MEDIA CENTER, Kuala Kapuas- Tim Lomba utusan Kota Palangka Raya cukup berbangga setelah mendapatkan juara 2 Kategori Putri pada lomba lawang sakepeng (silat suku dayak) yang diselenggarakan di Lapangan Panunjung Tarung, Kuala Kapuas Sabtu (5/5/2018)

Lawang Sakepeng ini sering diperagakan pada upacara adat baik untuk menyambut tamu maupun acara adat perkawinan di Propinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)

“Lawang Sakepeng ini bermakna untuk memutuskan tali yang dipasang dengan maksud memutuskan segala rintangan yang ada, agar yang menemui atau ditemui tidak ada masalah,” kata Ketua tim dewan juri Driyeno L. Lindan.

Untuk Kategori penilaian lomba ini meliputi ketepatan waktu, kekompakan tim, ekspresi, kostum, tehnik bunga/kambangan dan daya tahan fisik, jelasnya

Dewan juri memutuskan untuk lomba lawang sakepeng kategori putri diraih Barito Timur sebagai Juara 1, Kota Palangka Raya Juara 2, dan Juara 3 Kotawaringin Timur.

Namun hasil mengecewakan pada kategori putra setelah utusan Kota Palangka Raya dipecundangi oleh Tim Pulang Pisau setelah meraih juara 1, diikuti Barito Timur sebagai juara 2 dan juara ketiga didapatkan tim dari Kotawaringin Timur.

Maksud dan tujuan lomba ini untuk melestarikan dan mengembangkan salah satu jenis bela diri tradisional Kalteng, ungkapnya (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan