Komplek Perumahan Disulap Jadi Pasar Tradisional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebuah komplek perumahan warga di Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, disulap warga menjadi  sebuah kawasan pasar tradisional. Pemandangan itu terlihat di salah satu lingkungan RT 05 RW XXVI yang dikenal sebagai komplek perumahan warga Puntun.

Dimana, rumah-rumah warga yang berada di tepi jalan serta lorong dilingkungan RT tersebut, dirubah menjadi kios dan warung dengan menjual beraneka kebutuhan pokok masyarakat sebagaimana lazimnya pasar tradisional.

Ketua RT 05 RW XXVI, Masruni mengatakan, dirinya sudah tidak ingat lagi sejak kapan aktivitas berjualan tersebut mulai dilakukan warganya. Namun yang jelas kata dia, sudah cukup lama berlangsung. 

Awalnya hanya satu sampai dua rumah warga saja yang direnovasi sebagai tempat berjualan. Namun seiring waktu  berjalan, warga lain pun mengikuti mempermak rumahnya menjadi tempat berjualan, alhasil kondisinya pun mirip dengan pasar tradisional.

“Jadi warga di komplek Puntun ini, tidak perlu repot jauh-jauh harus pergi berbelanja ke pasar induk. Semua kebutuhan pokok ada disini,”ungkap Masruni saat dibincangi awak Media Center, Sabtu (7/4/2018).

Memang untuk pasokan barang, rata-rata pedagang mengambil di pasar induk, kalaupun dijual tidak jauh berbeda harganya. Dengan begitu, warga di lingkungan komplek Puntun lainnya tidak perlu jauh-jauh berbelanja barang maupun kebutuhan pokok.

“Mulai dari sembilan bahan pokok, peralatan elektronik, pakaian juga ada dijual disini. Suasana jual beli dalam setiap harinya selalu ramai. Terlebih saat bulan puasa Ramadan, jalur pasar akan lebih padat diserbu warga guna mencari  sajian hidangan kuliner yang juga dijual disini.

“Saat bulan puasa Ramadan dikawasan pasar ini juga dijual aneka makanan dan minuman (takjil). Bahkan tidak kalah ketersediaannya dari pasar ramadan yang digelar pihak pemerintah,”tutur Masruni. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan