Komisi C Cek Embong Milik BPBD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Meski memiliki sarana dan prasarana yang minim, namun justru membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya lebih kreatif dalam mengantisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama musim kemarau 2018 ini.

Usaha kreatif petugas BPBD Kota Palangka Raya ini adalah dengan membuat embong semi permanen. Embong yang terbuat dari kayu hutan dan terpal ini dibuat di lokasi yang jauh dari jalan raya.

Kemudian embong ini diisi air yang disedot dari sumur bor yang dibuat oleh pemerintah di daerah Jalan Bukit Keminting, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Sihang mengatakan dengan dibuatnya embong ini maka akan memudahkan petugas untuk melakukan pemadaman Karhutla.

“Embung ini kita buat karena biasanya lokasi Karhuta berada jauh dari jalan raya. Tapi dengan embong ini maka nantinya pemadaman bisa lebih cepat, karena stok air sudah tersedia,” ucap Sihang kepada Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah bersama dua anggota dewan lainnya saat melakukan pengecekan embung, Kamis (4/10/2018).

Mukarramah dan Rusdiansyah sebagai wakil rakyat pun sangat mengapresiasi ide kreatif yang dilakukan BPBD dengan membuat embung untuk mencegah terjadinya Karhutla.

Meski BPBD sudah siap sedia, namun Mukarramah dan Rusdiansyah berharap bencana Karhutla di Kota Palangka Raya bisa dicegah. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan