Kolaborasi Dan Peran Masyarakat Cegah Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui instansi dan stakeholder terkaitnya, terus berkomitmen dalam melakukan penanggulangan maupun mengatasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sejauh ini kerap terjadi di wilayahnya.

Hal itu ditegaskan Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, usai menghadiri secara langsung rapat koordinasi evaluasi penanganan darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (16/10/2023).

Lebih lanjut Sahdin mengatakan, upaya penanggulangan maupun mengatasi ancaman karhutla, tentu juga dibarengi dengan upaya meningkatkan mitigasi dengan langkah inovatif.

“Tak kalah penting dalam mendukung mitigasi karhutla ini adalah peran serta masyarakat dalam melindungi lingkungan dan kesehatan masyarakat,” tukasnya.

Harus disadari tambah Plh sekda, karhutla yang terjadi selama ini telah menimbulkan impact yang tidak hanya mengancam kelestarian alam, tetapi juga berdampak pada kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan dan juga pendidikan.

Kembali terkait kegiatan rakor tersebut, adalah merupakan rekor lanjutan yang sebelumnya juga dilaksanakan rapat koordinasi pada 5 Oktober 2023 yang lalu, sebagai komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan upaya penanggulangan karhutla berikut dampaknya.

Rakor ini dipimpin oleh Sekda Provinsi Kalteng, H. Nuryakin yang turut dihadiri oleh Wakapolda Kalteng, mewakili Korem 102/Pjg, mewakili Kajati, sejumlah kepala perangkat daerah, bupati dan penjabat bupati se Kalteng.

Secara umum rakor itu juga diikuti oleh pihak maupun stakeholder terkait lainnya di Kalteng. Baik melalui daring dan luring yang berpusat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng. (MC. Kota Palangka Raya.1/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *