KIM Sebagai Simpul Komunikasi Antara Pemerintah dan Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas komunikasi informatika statistik dan persandian (DKISP) Kota Palangka Raya mengikuti pertemuan komunitas informasi masyarakat (KIM) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng, Kamis (26/04/2018). 

Acara pertemuan KIM di hadiri juga oleh Mahasiswa dari Universitas Muhamadyah dan Universitas Palangka Raya serta Delegasi Diskominfo Kab/Kota se-Kalimantan Tengah. 

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Drs. Sarjono,M.MT dari Kementerian Kominfo RI. Materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya adalah mengenai, apa Itu KIM, pentingnya KIM, landasan hukum, konsep,  bentuk, peran, fungsi, metode dan pola pengembangan KIM.

Kepala Dikominfo Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng, Herson B Aden menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang keberadaan dan pentingya pengembangan KIM yang berada di Kabupaten /Kota, mengingat Diskominfo Statistik dan Persandian mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan terhadap KIM yang berada di Kab/Kota. 

Sedangkan Diskominfo di Kab/Kota yang melakukan pembinaan.  Hal yang menjadi perhatian saat ini adalah belum semua wilayah terjangkau sarana informasi komunikasi yang memadai.

Masyarakat pedesaan wilayah perbatasan, terdepan, dan tertinggal masih sulit mengakses informasi. KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat juga berperan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat. 

Lebih lanjut Herson mengharapkan, pemberdayaan KIM menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi, serta membuka peluang kemitraan dengan SOPD di tingkat Kab/Kota. 

Pada akhir kegiatan nara sumber dari Kementerian Kominfo RI menyempatkan berkunjung ke salah satu Komunitas Pedagang Bunga “PalampangTarung” di Jalan Yos Sudarso. 

Dengan adanya pembinaan KIM nantinya melalui Diskominfo Kota Palangka Raya dan SOPD lainnya dapat menjalin kemitraan untuk membantu dalam meningkatkan pendapatan komunitas pedagang bunga secara berkelanjutan. (MC. Isen Mulang/win/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan