Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat : 8 Langkah Pengendalian Inflasi Daerah

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022. Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin hadir secara virtual di Ruang Command Center Kantor Wali Kota Palangka Raya, Rabu (14/9/2022).

Dalam paparannya Mentri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga sebagai Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat menyampaikan, “Berbagai ketidakpastian di tahun 2022 memberikan tekanan pada pemulihan ekonomi dunia dan meningkatkan kekhawatiran akan risiko resesi”.

Airlangga Hartanto menyebutkan ada delapan langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah dalam penegendalian inflasi daerah pada Rakorpusda Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Surabaya.

“Pertama, memperluas kerja sama antar daerah (KAD) terutama untuk daerah surplus/defisit dalam menjaga ketersediaan suplai komoditas,” kata Airlangga Hartarto.

Kedua, melaksanakan Operasi Pasar dalam memastikan keterjangkauan harga dengan melibatkan berbagai stakeholders. Ketiga, pemanfaatan platform perdagangan digital untuk memperlancar distribusi. Selanjutnya, keempat, menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) dalam pengendalian inflasi, mengoptimalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik untuk tematik ketahanan pangan dan pemanfaatan 2% DTU untuk membantu sektor transportasi dan tambahan perlindungan sosial.

Kelima, mempercepat implementasi program tanam pangan pekarangan (misalnya cabai), untuk mengantisipasi tingginya permintaan di akhir tahun. Sedangkan keenam, menyusun Neraca Komoditas Pangan Strategis oleh seluruh pemerintah daerah. Ketujuh, memperkuat sarana-prasarana penyimpanan produk hasil panen (misalnya cold storage) terutama di daerah sentra produksi.

“Terakhir memperkuat sinergi TPIP-TPID melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) untuk mempercepat stabilisasi harga,” ujar Airlangga Hartarto. (MC. Isen Mulang/BambangW/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *