Kerja Bakti Bersihkan Sampah Jadi Rutinitas ASN di setiap Jumat

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Gerakan Fairid-Umi Siaga yang diimplementasikan melalui kegiatan bersih-bersih sampah atau kerja bakti, dijadwalkan akan menjadi kegiatan rutin dilaksanakan setiap hari Jumat.

“Setiap hari Jumat seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dijadwalkan turun ke jalan untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah. Aksi ini bakal menjadi rutinitas sejalan program Gerakan Fairid-Umi Siaga,” kata Kepala Badan Penanggulangan Badan Bencana Daerah (BPDB) Palangka Raya, Emi Abriyani, Minggu (12/6/2022)

Gerakan Fairid-Umi Siaga itu sendiri lanjut Emi, merupakan program baru Pemko Palangka Raya dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan bencana, serta upaya untuk mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan kepada masyarakat luas.

“Pada hari jumat yang lalu merupakan aksi perdana dari gerakan bersih-bersih. Terutama membersihkan atau menormalisasi drainase di kawasan Jalan Temanggung Tilung, G Obos, dan kawasan Jalan RTA Milono,” sebutnya.

Dijelaskan Emi, mengingat nantinya Gerakan Fairid-Umi Siaga dilaksanakan secara kontinyu setiap hari Jumat, maka sasaran kegiatan bersih-bersih atau normalisasi drainase akan bersifat tentatif.

Terutama merujuk arahan pihak kecamatan atau kelurahan, kawasan atau lokasi mana saja yang dianggap rawan banjir atau tergenang air. Terutama atas dasar peninjauan banyaknya sampah, dan kondisi drainase yang tersumbat.

“Setidaknya aksi dari program Gerakan Fairid-Umi Siaga ini, dapat menjadi contoh bagi masyarakat agar turut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Dengan tujuan akhir menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan bebas dari bencana,” demikian Emi. (MC. Isen Mulang.1/BPBD-PLK/nd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan