Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Baru 59,26 Persen

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kesadaran masyarakat Palangka Raya, Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, dan Gunung Mas masih rendah untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Padahal memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sangat penting untuk melindung kesehatan bila sewaktu-waktu menderita sakit.

Namun sepertinya memiliki kartu asuransi dari program pemerintah ini masih terabaikan oleh sebagian masyarakat di empat kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah ini.

Fakta ini bisa dilihat dari total capaian universal health converage (UHC) BPJS Cabang Palangka Raya hingga Maret 2018 ini baru mencapai 59,26 persen atau 636,684 jiwa.

Jadi masih ada 437,705 jiwa dari empat kabupaten dan kota tersebut yang belum menjadi peserta JKN-KIS. Karena itu masyarakat dihimbau untuk segera menjadi peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, dr Elke Winasari menuturkan, Rabu (7/3) dari lima daerah yang menjadi pengelolaan yang tingkat kepesertaannya paling baik adalah Kota Palangka Raya 82,95 persen.

Sementara itu Kabupaten Kapuas baru mencapai 50,08 persen, Kabupaten Pulang Pisau 68,83 persen, Kabupaten Katingan 48,62 persen, dan Kabupaten Gunung Mas 45,13 persen.

Di sisi lain BPJS Kesehatan ditarget harus mampu meningkatkan kepsertaan JKN-KIS minimal 95 persen per 1 Agustus 2018, karena di 2019 semua rakyat Indonesia harus 100 persen menjadi peserta JKN-KIS.

Salah satu cara yang ditempuh BPJS Kesehatan untuk mempercepat kepesertaan JKN-KIS ini adalah menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dan dinas kominfo untuk menyebarluaskan pemberitaan mengenai manfaat akan kegunaan program JKN-KIS. (MC. Iseng Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan