Kepala DLH : Mencegah Dan Menanggulangi Karhutla Tanggung Jawab Bersama

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kabut asap akibat Karhutla yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya kian pekat. Oleh sebab itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini meminta agar seluruh stakeholder berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

“Karhutla ini sendiri bukan tanggung jawab satu institusi saja, melainkan tugas bersama antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk bekerjasama menanggulanginya,” kata Zaini, Jumat (6/10/2023).

Zaini menyebutkan, DLH Kota Palangka Raya selaku instansi yang bertugas dalam melakukan pencegahan, sejauh ini terus berupaya dalam mencegah terjadinya karhutla. Seperti melakukan pelatihan cara membuka lahan tampa bakar dan sebagainya. Meski demikian disebutkannya bahwa Karhutla tetap saja terjadi dan kebanyakan menurutnya terjadi karena ulah manusia.

Oleh sebab itu, lanjutnya ia meminta agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaraanya untuk tidak membakar hutan dan lahan karena dampak yang ditimbulkan jika terjadi Karhutla sangat buruk baik bagi manusia dan ekosistem flora dan fauna yang hidup dan tumbuh di hutan.

Lebih lanjut, Zaini juga meminta agar masyarakat turut serta dalam mengawasi hutan dan lahan dari aktivitas pembakaran lahan.

“Jika menemukan aktivitas warga yang sengaja melakukan pembakaran lahan maka segera laporkan ke pihak berwajib,” kata Zaini. (MC. Kota Palangka Raya/Nitra/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *