Kenalkan Koperasi Sejak Dini, Ratusan Pelajar SLTA Ikut Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian

MEDIA CENTER, Palangka Raya, Sebagai Upaya memberikan pemahaman dan penguatan bagi generasi muda  dalam hal pengetahuan perkoperasian, sekaligus sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Juli, maka Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah(Diskop- UKM) Kota Palangka Raya, menggelar “Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian” tingkat SLTA se- Kota Palangka Raya. Kegiatan itu berlansung di Aula  LPP-RRI Kota Palangka Raya, Senin (12/3/2018).

Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah Kota Palangka Raya, H. Afendie, serta turut dihadiri Kepala  LPP-RRI Kota Palangka Raya, Sekretaris Diskop-UKM Kota Palangka Raya, jajaran Dekopinda Kota Palangka Raya, kepala sekolah tingkat SLTA/SMK se Kota Palangka Raya, dewan guru dan guru pembimbing siswa serta  para peserta lomba tangkas terampil.

Dalam sambutannya Afendie  mengatakan  bahwa generasi penerus memiliki peran yang strategis dan masa depan bangsa akan berada ditangan generasi muda. “Kegiatan lomba tangkas terampil  ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Koperasi Nasional. Selain itu, tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk membekali generasi muda tingkat SLTA/SMK, agar memahami ilmu perkoperasian  dan bisa mencetak kader koperasi yang cerdas,”ujarnya.

Perlu diingat lanjut Afendie, tujuan akhir dengan memahami perkoperasian tidak lain adalah turut membentuk perekonomian yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan.  “Dalam undang-undang dasar 1945, disebutkan bahwa koperasi sangat penting yang diyakini dapat menopang perekonomian daerah,”ungkapnya.

Bagi sekolah itu sendiri lanjut Afendie, maka keberadaan koperasi dapat menjadikan sekolah memiliki kondisi yang dinamis dalam segala aspek kehidupan, baik para siswa, guru pembina dan kepala sekolah. Serta sekolah juga memiliki daya kemampuan untuk melayani kebutuhan siswa melalui peningkatan dan pendirian koperasi sekolah.

Dalam kesempatan itu Afendie juga berpesan, agar semua pihak diharapkan turut serta menyukseskan pembangunan ekonomi kerakyatan, sehingga terciptanya lapangan kerja, mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran serta terwujudnya masyarakat  yang sejahtera dan bermartabat.

“Saat ini ada image koperasi yang pernah terpuruk, maka Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah Kota Palangka Raya dan seluruh jajaran, akan terus berupaya meningkatkan  singronisasi dalam menghadapi berbagai kendala yang dihadapi. Termasuk terus akan meningkatkan sumber daya manusia dan jiwa kewirausahaan melalui pelatihan koperasi,”katanya.

Sementara itu,  kegiatan diikuti ratusan pelajar yang hadir perwakilan berasal dari siswa-siswi tingkat SLTA/SMK se Kota Palangka Raya yang akan memberi suport untuk teman-teman yang nengikuti lomba. Kegiatan lomba itu hanya digelar selama satu hari saja. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan