Keluarga ASN Palangka Raya Harus Jadi Peserta JKN-KIS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seluruh keluarga aparatur sipil negera (ASN) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya dihimbau segera mendaftarkan sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Instruksi ini secara resmi dikeluarkan Pemerintah Kota Palangka Raya dengan Nomor 440/048/Yankes-03/2018 yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Rojikinnor sejak 07 Maret 2018 dan baru Senin, (26/3) disebarkan ke SOPD lingkup Pemerinta Kota Palangka Raya.

Kewajiban untuk segera mengikutsertakan keluarga ASN menjadi peserta JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan ini dalam rangka mempercepat target universal helath coverage 95 persen per 1 Agustus 2018.

Sesuai aturan, keluarga ASN yang ditanggung pemerintah hanya lima jiwa yakni ibu, bapak, dan tiga anak. Jika lebih dari itu anggota keluarga yang lainnya harus membayar premi sendiri untuk menjadi peserta JKN-KIS.

Selain itu bila anggota keluarga sudah menikah atau sudah tidak menjadi tanggungan keluarga ASN, sehingga yang bersangkutan sudah tidak lagi menjadi tanggungan orangtua ASN, tapi harus mandiri menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Diketahui, berdasarkan data BPJS Kesehatan diketahui persentase cakupan peserta JKN-KIS di Kota Palangka Raya per 1 Maret 2018 masih 87 persen atau 212.321 jiwa dari total penduduk 255.955 jiwa.

Jadi masih 12 persen lagi atau 30.836 jiwa masyarakat Kota Palangka Raya belum menjadi peserta JKN-KIS. Jadi per 1 Agustus 2018 nanti 243.157 jiwa masyarakat Palangka Raya ditargetkan harus sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. 

Cara yang ditempuh Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mempercepat target 95 persen kepserta JKN-KIS tersebut adalah di antaranya dengan mengikutsertakan anggota keluarga ASN yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Cara lainnya Pemerintah Kota Palangka Raya telah membentuk tim percepatan dari SOPD teknis yang tugasnya mendata sekaligus memasukan warga miskin menjadi peserta JKN-KIS. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan