Kawasan Masjid Kubah Kecubung Palangka Raya Lokasi Penanaman Pohon

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagai tuan rumah Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan, yang  dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Oktober 2018, maka pihak Pemerintah Kota Palangka Raya menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan, salah satunya penanaman bibit pohon.

Seperti pada Rabu  (10/10/2018) pagi, sejumlah walikota dan wakil walikota  maupun perwakilan pemerintah kota se-Kalimantan yang hadir dalam Rakerwil Apeksi di Kota Palangka Raya, melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Masjid Kubah Kecubung Palangka Raya. 

“Pemerintah Kota se Kalimantan memiliki komitmen yang sama, yakni ingin memperluas kawasan ruang terbuka hijau didaerah masing-masing dengan melakukan modifikasi kawasan kota menjadi hijau dan asri,”ungkap Walikota Palangka Raya, Pairid Nafarin, usai melakukan seremoni penanaman bibit pohon bersama pemerintah kota se-Kalimantan.

Lanjut Fairid, sejatinya banyak kawasan terutama lahan diperkotaan saat ini yang dapat dimanfaatkan menjadi kawasan ruang terbuka hijau. Seperti halnya di Kota Palangka Raya upaya untuk memperkaya ruang terbuka hijau sejak lama dilakukan. Hal ini juga sejalan dengan harapan pemerintah pusat yang mendorong misi lingkungan guna antisipasi perubahan iklim global.

“Kegiatan penanaman pohon yang sudah menjadi rutinitas dari rangkaian kegiatan Apeksi. Ini dapat menjadi contoh dari tekad semua pemerintah kota untuk peduli lingkungan,” tuturnya lagi.

Tambah Fairid, dipilihnya kawasan Masjid Kubah Kecubung Palangka Raya sebagai tempat dilakukannya penanaman bibit pohon, tidak lain mengingat kawasan tersebut dulunya area hutan sehingga setidaknya ada upaya mengembalikan pada kondisi penghijauan dilingkungan sekitar masjid  agar lebih asri dan sejuk.

“Kami menginginkan agar di Kota Palangka Raya ini memiliki kualitas lingkungan yang sehat. Ini bisa terwujud melalui semangat kebersamaan semua pihak termasuk masyarakat,” cetusnya.

Adapun dalam kegiatan penanaman bibit pohon yang dilakukan tersebut,  setidaknya ada dua jenis bibit pohon yang ditanam oleh peserta Apeksi, yakni bibit pohon Ulin dan Alau. Rangkaian penanaman bibit pohon ini merupakan bagian awal sebelum dibukanya kegiatan Rakerwil di Hotel Aquarius Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan