Kampung KB Merupakan Program Kependudukan Nasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya secara resmi dicanangkan sebagai Kampung KB. Pencanangana kelurahan ini dilakukan oleh Sekda Kota Palangka Raya, Rojikinnor mewakili Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, mengambil tempat di halaman kantor Kelurahan Palangka, Kamis (20/9/2018).

“Kelurahan kampung KB menjadi salah satu inovasi untuk dapat mengimplementasikan kegiatan – kegiatan prioritas program KB (Keluarga Berencana) secara utuh dilini lapangan,” ungkap Rojikinnor saat membacakan sambutan walikota Palangka Raya.

Dikatakan melalui kampung KB setidaknya ada upaya mendorong masyarakat membangun hidup sejahtera, sehingga generasi penerus bisa memprogramkan hidup keluarga. Mulai dari merencanakan anak, pendidikan, kesehatan dan akhirnya dapat menciptakan masyarakat Indonesia sejahtera.

Selain itu melalui Kampung KB yang merupakan program kependudukan nasional dari pemerintah pusat ini, diharapkan mampu mengintegrasikan program lintas sektor dalam memberikan pelayanan kepada keluarga, membangun daerah dari pinggiran dengan memperhatikan kepada daerah yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua program pembangunan.

“Program ini akan berhasil jika ada kerjasama dari semua pihak. Untuk itu saya berharap OPD terkait dengan program kampung KB dapat membantu dan memberikan dukungan penuh,” ujar Rojikinnor.

Ditambahkan, Pemerintah Kota Palangka Raya sejak tahun 2017 yang lalu telah melaksanakan pencanangan kampung KB pada sejumlah kelurahan di lima Kecamatan. Seperti Kelurahan Tanjung Pinang di Kecamatan Pahandut, Kelurahan Bereng Bengkel di Kecamatan Sebangau, Kelurahan Marang di Kecamatan Bukit Batu dan Kelurahan Petuk Katimpun di Kelurahan Jekan Raya serta  Kelurahan Petuk Bukit di Kecamatan Rakumpit.

“Saya berharap jangan sampai berhenti ditingkat pencanangan saja, terpenting semua OPD harus turut berpartisipasi mengisi program kampung KB,” papar Rojikinnor.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palangka Raya, dokter Tiur Simatupang mengatakan, kampung KB bertujuan, selain untuk mensukseskan KB, namun juga mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Pada  tahun 2018 ini setidaknya ada lagi kelurahan yang akan dicanangkan untuk program kampung KB. Seperti pada hari ini kawasan Mendawai yang merupakan wilayah Kelurahan Palangka diminta menjalankan program ini,” terangnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan