Kalteng Masuk Lima Besar Duta Wisata Indonesia 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ajang Pemilihan Duta Wisata Indonesia (PWDI) ke-13 tingkat nasional yang berlangsung di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, usai sudah pada Sabtu malam (24/11/2018), di Ballroom Swiss Belhotel Danum Palangka Raya.

Ajang adu bakat dan unjuk kemampuan yang diikuti 15 pasangan finalis yang merupakan duta perwakilan dari 15 provinsi di Indonesia pada malam “Grand Final “, akhirnya dewan juri memutuskan pasangan finalis Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Duta Wisata Indonesia 2018. Selanjutnya di posisi dua diraih Bangka Belitung dan posisi tiga diraih Jawa Timur. Sementara perwakilan pasangan finalis Kalteng harus puas bisa masuk lima besar dalam ajang ini.

Event yang berlangsung sejak 20 November 2018 tersebut ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri, turut hadir Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dan wakilnya Hj Umi Mastikah, Ayu Nesa Santini dari Yayasan Duta Wisata Indonesia, Edi Susilo  dari Kementerian Pariwisata RI, Pengamat Pariwisata Enong Ismail , Lusia Efriani Juri duta wisata nasional, Ketua Umum ADWINDO Awalsyah Dammarafajar serta jajaran OPD dan Forkopimda Provinsi Kalteng.

Fahrizal Fitri menegaskan, para duta wisata tetap punya tugas bersama dengan pemerintah dalam mempromosikan wisata yang ada terutama di daerahnya masing-masing.

“Terpenting ajang ini untuk  memperkenalkan wisata yang ada di seluruh Indonesia. Termasuk di Kalteng. Kami juga patut bersyukur pasangan finalis Kalteng bisa masuk lima besar,”ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, duta wisata punya peran yang cukup strategis karena tidak hanya mempromosikan wisata, namun juga dituntut mampu mengajak masyarakat sadar wisata.

Disebutkan, pada tahun ini kunjungan wisatawan ke Provinsi Kalteng tercatat mengalami peningkatan, sehingga akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Membangun wisata tidak hanya soal sarana dan prasarana atau pun soal akses. Namun tak kalah penting kesiapan masyarakat juga sangat diperlukan. Inilah yang terus diupayakan ke depan, termasuk dukungan peran dari para duta wisata,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan