Kalampangan Memperoleh Penghargaan Kategori Kampung Iklim Utama

MEDIA CENTER, Kota Palangka Raya – Kelurahan Kalampangan Memperoleh Penghargaan  Kategori Kampung Iklim Utama. Pemberian penghargaan kampung iklim utama ini diterima pada saat “Sosialisasi penguatan kapasitas program kampung iklim (PROKLIM) se Kalimantan Tengah” Selasa 30 Oktober 2018 lalu, di Hotel Neo Palma Palangka Raya. 

Penyerahan dilakukan oleh ibu  Ade Emilda Sp, M.Si dari Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  RI.

Selaku instansi pembina program kampung iklim Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya  Plt.Kepala Dinas  Ir. Antonia melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Yusran, S.Hut, M.Si menuturkan kepada awak Media Center Isen Mulang via WhatsApp Senin, (5/11-2018) bahwa tujuan dari program kampung iklim ini adalah untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal  berbasis desa untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui pelaksanaan proklim.

Pemerintah memberikan penghargaan kata Yusran, terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara  berkelanjutan. “Target mendatang lanjutnya, kami akan lebih siapkan lagi kampung-kampung yang diusulkan untuk meraih penghargaan Proklim ini. Diharapkan yang menerima penghargaan ini dapat meningkat lagi sehingga kegiatan yang berbasis masyarakat bisa diperbanyak karena manfaatnya dapat mengurangi dampak perubahan iklim,” katanya  dikonfirmasi.

“Semakin banyak kampung meraih penghargaan Proklim maka akan menjadi indikator untuk mengetahui perubahan iklim yang terjadi. Proklim, saat ini adalah kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim berbasis masyarakat, serta dapat melibatkan CSR (Corporate Social Responbility) perusahaan,” ujarnya.

 Proklim ini tentunya akan memberikan manfaat berupa kontribusi dalam pencapaian target penurunan emisi gas rumah kaca nasional sebesar 26 persen pada 2020, meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklim, dan dampak perubahan iklim.

Tidak hanya itu, adanya Proklim juga tersedia data kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta potensi pengembangannya di tingkat lokal yang dapat menjadi bahan masukan dalam perumusan kebijakan, strategi, dan program terkait perubahan iklim. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan