Kadis Perindag Cek Pembangunan Pasar Tangkiling

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban melakukan pengecekan dimulainya pembangunan Pasar Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Senin (25/9/2017).

Menurut Aratuni tahun ini Kota Palangka Raya mendapat bantuan program rehab total Pasar Tangkiling di Kecamatan Bukit Batu dan Pasar Kalampangan, Kecamatan Sabangau.

Khusus rehab Pasar Tangkiling ini bakal menghabiskan dana sekitar Rp5,7 miliar dari Kementerian Perdagangan. Proyek Pasar Tangkiling ini dikerjakan selama 120 hari kalender.

Pengecekan ini dilakukan Aratuni untuk memastikan proses pengerjaan rehab Pasar Tangkiling berjalan lancar dan di sisi lain tidak mengganggu para pedagang.

Berdasarkan pengecekan, sebagian bangunan Pasar Tangkiling sudah dirobohkan dengan menggunakan excavator, sedangkan bangunan lainnya masih belum, tapi para pedagang sudah direlokasi ke lahan kosong milik warga yang lokasinya bersebelahan dengan lokasi pasar.

Aratuni menjelaskan Pasar Tangkiling ini akan dibangun lebih mewah, lebih luas, dan jumlah lapaknya lebih banyak, sehingga diharapkan bisa menampung pedagang lebih banyak pula.

Sebelum dibongkar, Pasar Tangkiling hanya menampung sekitar 70 pedagang. Namun dengan direhab ini nanti Pasar Tangkiling mampu menampung sekitar 160 pedagang.

“Dalam rehab Pasar Tangkiling ini akan dibangun 35 kios dan 125 lapak,” ujarnya. Aratuni mengharapkan pengerjaan rehab pasar ini bisa tepat waktu, sehingga keberadaannya bisa segera dimanfaatkan oleh para pedagang.

Diketahui, Pasar Tangkiling ini pada 2013 juga sudah pernah direhab melalui dana alokasi khusus dari Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan