Jelang Pilwalkot, Satlinmas Palangka Raya Dibekali Latihan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak, khususnya pemilihan walikota dan wakil walikota Palangka Raya (Pilwalkot), maka Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya menggelar pelatihan bagi satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas). Pelatihan digelar di aula Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya, Senin (16/04/2018).

“Tugas anggota Satlinmas maupun personil Satpol sangat berat.Terutama kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi dan kondisi menjelang Pilkada serentak 2018,”ungkap Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, usai membuka pelatihan tersebut.

Menurutnya, dalam  pelaksanaan Pilkada memerlukan sinergitas pengawasan dari banyak pihak. Penyelenggara pemilu seperti KPU maupun Panwaslu tidak akan cukup kemampuannya tanpa didukung masyarakat. 

Seperti halnya keberadaan Satlinmas yang nota bene terbentuk dari masyarakat untuk masyarakat, yang artinya, keamanan dan transfaransi dari pelaksanaan Pilkada harus benar-benar terjaga. “Keberadaan Satlinmas ini merupakan bentuk  garansi yang diberikan pemerintah daerah melalui Satpol PP untuk memberikan jaminan pelatihan, yang hasilnya untuk memperlancar penyelenggaraan pilkada,” sebutnya.

Disinggung mengenai anggaran bagi Satlinmas, menurut Mofit semuanya telah diatur sesuai dengan standar yang telah ditentukan pemerintah daerah.

Sementara itu Plt Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan menyebutkan, jumlah Satlinmas yang direkrut adalah sebanyak 612 orang. Namun demikian jumlahnya bisa saja akan bertambah setelah ada ketetapan jumlah TPS oleh KPU.

Pelatihan itu sendiri akan digelar dari tanggal 15 sampai 20 April 2018. Mereka akan menerima materi maupun latihan dengan instruktur dari Kodim, Polres, Pol PP, Panwaslu maupun KPU.
“Anggota Satlinmas  juga dibekali atribut yang cukup sederhana. Mulai dari sepatu maupun baju kaos dengan menyesuaikan anggaran yang ada,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan