Jelang Natal, Perlu Dilakukan Antisipasi Lonjakan Harga Komoditas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana biasanya, setiap menjelang hari besar keagamaan, pasti harga barang pokok dipasaran selalu mengalami kenaikan.

Kondisi demikian tidak luput juga dari perhatian kalangan DPRD Kota Palangka Raya, yang selalu mengingatkan agar Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bisa melakukan langkah antisipasi akan hal itu.

Seperti disampaikan Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung, yang meminta perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemko Palangka Raya terutama Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk melakukan antisipasi sejak dini lonjakan harga komoditas.

“Sebentar lagi Natal dan tahun baru. Biasanya pada hari besar seperti ini, pasti harga di pasaran selalu mengalami kenaikan. Maka dari itu kita meminta PD terkait, segera melakukan langkah antisipasi,” ucapnya, Selasa (13/11/2018).

Kata Nenie, pemko bisa belajar dari pengalaman terdahulu dalam melakukan antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok. Sebab kenaikan harga kebutuhan pokok itu selalu terjadi setiap tahun dan setiap akan adanya hari besar keagamaan, seperti hari raya Idul Fitri, Natal dan tahun baru.

“Disperindag pasti memiliki data. Data itulah yang bisa jadi acuan langkah antisipasi. Misalkan kenaikan pada daging atau barang lainnya bisa dilakukan antisipasi dengan melihat data yang ada,” cetusnya.

Nenie juga menekankan, agar dinas terkait tidak lagi beralasan soal anggaran yang minim dalam melakukan pencegahan atau pengawasan terhadap komoditas kebutuhan pokok.

“Dengan inovasi ataupun strategi semua kekurangan dapat terkendali. Terlebih pemko sudah memiliki tim pengendalian harga pangan, maka tidak mungkin kesulitan melakukan pencegahan terhadap harga komoditas yang tidak terkendali,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan