Jekan Raya Optimal Memikrokan Mikro

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Camat Jekan Raya Kota Palangka Raya, Sri Utomo mengatakan, pihaknya sejauh ini terus mengintensifkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Terutama dengan mengoptimalkan fungsi Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Baik ditingkat kelurahan hingga Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

“Upaya penanganan Covid-19, terlebih kewaspadaan terhadap varian baru virus Omicron, terus kami jalankan sebagaimana fungsi masing-masing wilayah,”tegasnya, Rabu (12/1/2022).

Lebih jauh Camat yang akrab disapa Uut ini menjelaskan, Kecamatan Jekan Raya memiliki cakupan wilayah yang luas di Kota Palangka Raya. Karena itu, empat kelurahan dibawahnya yakni Kelurahan Bukit Tunggal, Petuk Katimpun, Palangka dan Kelurahan Menteng, diharap dapat menjalankan dengan baik fungsi penanganan Covid-19.

“Kelurahan-kelurahan di Jekan Raya yang sebelumnya berada pada zona merah sebaran Covid-19. Sekarang sudah zona hijau dan harus dipertahankan,”ujarnya.

Bicara teknis penanganan Covid-19 di Jekan Raya ungkap Uut, maka pihaknya sudah menerapkan sejumlah program yang ditelurkan kesetiap kelurahan. Program itu selanjutnya di implementasikan pada lingkup RT/RW.

Program yang dimaksud antara lain, program ‘Memikrokan mikro’. Program ini menekankan andil RT/RW dalan pelaksanaan PPKM mikro.

“Memikrokan mikro disini menekankan keaktifan kelurahan berikut RT/RW dalam memaksimalkan PPKM mikro.Sejauh ini berjalan baik. Bahkan ada posko di Jalan Yogyakata Kelurahan Menteng meraih posko PPKM mikro terbaik pertama nasional,”bebernya.

Uut melanjutkan, selain program memikrokan mikro, pihaknya juga menerapkan program yang dinamakan ‘Peduli Oloh Sila’. Program ini mendorong kepedulian setiap warga RT/RW untuk mencermati kondisi lingkungan bertetangga dan lingkungan RT. Dengan tujuan akhir mencegah adanya penyebaran pandemi virus dilingkungan.

“Terakhir, kami menelurkan program Bakti Sosial Kamis Bersih (Bakso Kabeh), untuk membangkitkan lagi semangat kebersamaan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Ini penting dalam menjaga lingkungan terdampak pandemi virus,”terangnya.

Selebihnya Uut menyampaikan, upaya pencegahan dan dukungan pelaksanaan penanganan Covid-19 terus dijalankan pihaknya.
Sembari menjalankan pula sosialisasi dan edukasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply