Jarak Pandang Penerbangan Mulai Normal

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hujan yang mengguyur wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya dalam dua hari terakhir ini berdampak baik terhadap aktivitas penerbangan.

Saat ini jarak pandang untuk aktivitas penerbangan di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sudah lebih dari 5.000 meter, sedangkan sebelumnya cukup pendek antara 100-400 meter akibat kabut asap.

“Kalau tanggal 6 Oktober 2018 kemarin jarak pandang sempat 10.000 meter,” tutur Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, Ika Priti Widiastuti, Senin (8/10/2018).

Perkembangan cuaca ini disampaikan BMKG saat rapat membahas kondisi Karhutla yang dipimpin Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah di Ruang Peteng Karuhei I.

Adanya hujan pada sebagian wilayah Kalimantan Tengah yaitu pada sebagian wilayah Kabupaten dan kota diikuti dengan semakin membaiknya kualitas udara.

BMKG memprediksi jarak pandang dan kualitas udara akan segera membaik, karena awal Oktober 2018 ini sebagian wilayah Kalimantan Tengah sudah memasuki musim hujan.

Di antaranya Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Katingan.

Kemudian Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Sukamara, sebagian Kabupaten Gunung Mas, Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Barito Timur, sebagian Kabupaten Barito Selatan, sebagian Kabupaten Kapuas, dan sebagian Kabupaten Barito Utara baru akan memasuki musim hujan pada akhir oktober 2018

Sedangkan sebagian wilayah Kabupaten Barito Timur baru memasuki musim hujan pada akhir November 2018. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan