Jangan Sampai Tenaga Kerja Produktif Jadi Pengangguran

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna mencetak tenaga kerja yng profesional, maka Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat, secara berkesinambungan memberikan pelatihan dan kompetensi bagi tenaga kerja produktif.

Seperti pada Senin (25/7/2022), Disnaker Kota Palangka Raya melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), melalui program Vokasi dan Produktivitas tahap 2.

“Ini merupakan upaya pemerintah untuk mencetak tenaga kerja yang profesional, agar mudah mendapatkan pekerjaan dengan bekal yang sudah dimiliki,” kata Plt. Staf Ahli Walikota, Urianinu Napulangit, usai mewakili Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, membuka acara tersebut.

Menurut Urianinu, dengan adanya pelatihan itu diharapkan dapat menjadi ujang tombak untuk membuka peluang atau lapangan kerja baru. Sehingga angka pengangguran semakin berkurang dan ekonomi Kota Palangka Raya semakin baik ke depannya.

Sementara itu Kepala Disnaker Palangka Raya, Mesliani Tara menyebutkan, pelatihan tersebut meliputi berbagai bidang. Diantaranya, Fillet Welder Smaw2F/PB, Bakery, tata Kecantikan kulit, Servis AC rumah tangga, desain grafis, Komputer hingga servis motor.

“Kita tidak ingin ada usia tenaga kerja produktif yang jadi pengangguran, sehingga cara untuk mengatasinya adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) sebaik mungkin,”ucapnya.

Adapun pembukaan pelatihan yang mengambil tempat ruang Asrama Disnaker Kota Palangka Raya itu, diikuti puluhan peserta pelatihan. Program pelatihan yang diberikan yakni bersifat teknis, manajerial, peningkatan produktivitas, maupun kewirausahaan.

Pelatihan-pelatihan itupun dilakukan dengan berbagai metode. Mulai dari pelatihan online, offline, hingga blended. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *