Jadilah Generasi Yang Berkarakter Mulia

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Musala Baitul Haq SMAN 5 Palangka Raya kembali menggelar salat Jumat, (12 /2/2022). Meskipun hanya siswa kelas X putra, kewajiban salat Jumat sekaligus sebagai wujud Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tetap berlangsung didampingi kepala sekolah dan beberapa guru. Karena Musala ini belum bisa menampung jemaah dalam jumlah yang lebih besar, siswa kelas XI dan XII melaksanakan salat Jumat di masjid luar kompleks sekolah.

Ustaz Aidil bertindak sebagai khatib sekaligus imam. Dalam khotbahnya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu mengajak para siswa menjadi pemuda yang baik dan generasi berkarakter mulia yang senantiasa meningkatkan keimanan dan kepada Allah.

Dia menjelaskan kriteria generasi yang baik ada empat, yakni berilmu, berakhlak mulia, menjaga diri dari perbuatan negatif, dan disiplin waktu.

Para siswa adalah generasi muda yang harus berguna bagi agama dan bangsa. Untuk itu belajar dengan sungguh-sungguh adalah suatu keharusan. Mencari ilmu pengetahuan karena taat kepada Allah SWT akan dapat meningkatkan kualitas diri dan lebih bermanfaat bagi kemaslahatan manusia.

Allah SWT telah beriman dalam Alquran yang artinya,” Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Mujadilah: 11).

Generasi muda juga harus kuat karakternya atau berakhlak mulia. Akhlak mulia akan menjadikan seseorang menjadi pribadi yang baik dan berusaha meneladani Rasulullah SAW.

Allah SWT dalam Alquran “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS Al Ahzab: 21).

Berkaitan dengan itu selalu menghindari perbuatan negatif dalam pergaulan juga harus menjadi ciri generasi yang baik. Begitu banyak tantangan dan godaan dalam kehidupan yang bisa menjerumuskan kepada keburukan. Generasi muda harus tetap teguh menjaga diri dengan akhlak mulia untuk meraih kebaikan dunia dan akhirat.

Disiplin waktu juga harus kita miliki. Tentu Generasi muda harus memiliki mental disiplin dan menghargai waktu. Agama Islam mengajak umatnya untuk senantiasa menghargai waktu lsebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Asr ayat 1-3 yang artinya, “Demi waktu, sesungguhnya, manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.”

“Akhirnya mari kita semua senantiasa berupaya menjadi umat dan generasi yang berkarakter mulia. Teruslah belajar mencari ilmu yang bermanfaat dan mengamalkannya. Tanamkan dan wujudkan akhlak mulia setiap saat di mana saja. Cegah dan selalu Hindari perilaku negatif. Disiplin dan hargai waktu yang kita miliki untuk senantiasa dalam kebaikan,” pesannya. (MC. Isen Mulang.2/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *