Informasi Yang Benar Mencerahkan Kehidupan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Informasi yang benar mencerahkan kehidupan, ia membantu menjernihkan pertimbangan untuk bisa mengambil keputusan yang tepat, ungkap Trias Kuncahyono, Wakil Redaksi Harian Kompas pada Seminar Nasional dalam rangka Pekan Komunikasi Sosial Nasional 2018 yang diselenggarakan di Aula magna Keuskupan Palangka Raya, Sabtu (12/05/2018) 

Informasi yang tepat menjadi sarana pendidikan yang efektif, ia membuka peluang memperbaiki nasib seseorang atau kelompok, jelasnya.

Memiliki akses ke informasi berarti kemudahan untuk mendapatkan kekuasaan atau mempertahankannya, yang pada gilirannya akan membatu orang mendapatkan keuntungan, informasi yang benar menghindari salah paham dan menjadi sarana penting untuk menciptakan perdamaian, tambahnya

Kemajuan Teknologi dan Komunikasi selama ini menyebabkan informasi dapat dengan cepat diperoleh, banyaknya media baik itu elektronik mapun konvensional mengakibatkan banjirnya informasi yang tidak jelas kebenaranya.

Kita dituntut untuk kedewasaan dan kebijaksanaan dalam memilah dan memilih informasi tersebut, hal ini tidak mudah karena ada begitu banyak informasi yang tersebar luas kemana-mana yang baik dan buruk menjadi satu.

Oleh sebab itu disinilah peran media itu bukan hanya menyampaikan dan mendapatkan informasi, akan tetapi media juga harus mampu mengubah integrasi sosial, reproduksi budaya dan partisipasi politik.

Berita harus bermutu, harus mengangkat persoalan yang ada dalam masyarakat, harus menyiratkan aspirasi masyarakat memanusiakan manusia, dan membela hak asasi manusia (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan