Industri Kerajinan Rotan Diharap Jadi Sumber Lapangan Kerja Baru

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin berharap perkembangan industri kerajinan rotan di kota setempat, dapat diiringi dengan dibukanya banyak lapangan kerja baru.

“Dengan terbukanya lapangan kerja, maka dapat membantu pemerintah mengurangi pengangguran,” ungkap Wali kota, Senin (21/11/2022).

Disampaikan Fairid, kerajinan rotan di daerah setempat, bukan hanya skala kecil, tapi bahkan sudah ada yang mendunia.

“Kami selaku pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas para pelaku usaha. Sehingga usaha yang dikembangkan dapat turut menyerap lapangan kerja,” ujarnya.

Harus disadari tambah Fairid, industri kerajinan rotan sangat berperan dalam meningkatkan ekonomi pengrajin itu sendiri. Bahkan dari beberapa perajin itu sendiri sudah merasakan secara nyata keuntungannya.

“Iya, meskipun usaha industri ini di Kota Palangka Raya belum sangat terkenal dan masih dikategorikan sebagai usaha kecil menengah, tapi baiknya sudah ada yang produknya sampai diekspor,” bebernya.

Namun demikian, Fairid melihat industri kerajinan rotan, memiliki potensi ekonomi yang besar, tapi saat ini sulit menemukan orang yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk menjadi perajin rotan. Sehingga pemerintah terus memberdayakan SDM yang ada untuk berkembang.

“Kalau untuk pasokan bahan bakunya, maka di Kalteng ini tidak perlu dikhawatirkan, sumber daya rotan masih sangat banyak. Sekarang bagaimana kita memanfaatkan peluang itu agar menjadi usahanya yang sukses,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan