Ikatan Adyaksa Dharmakarini Adakan Pemeriksaan Deteksi Kanker Serviks dan Payudara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ikatan Adyaksa Dharmakarini Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara kepada ibu-ibu rumah tangga dari berbagai profesi, Kamis (12/10/2017).

Pemeriksaan kesehatan secara gratis ini diadakan di aula kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan sosial ini terselenggara berkat bekerja sama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja.

Kegiatan yang diadakan oleh organisasi ikatan istri para jaksa ini juga menjalin kerja sama dengan RSUD Doris Sylvanus, BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dan Puskesmas.

Acara pembukaan kegiatan ini dihadiri Plt Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Andi Herman dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, dr Suprastija Budi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo.

Gerakan ‘Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara’ ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia selama Oktober 2017. Pemeriksaan gratis ini diberikan dalam rangka memperingati bulan kanker.

Wakil Ketua Ikatan Adyaksa Wilayah Kalimantan Tengah, Norma Andi Herman yang juga ketua panitia kegiatan mengatakan khusus Provinsi Kalimantan Tengah ditargetkan 300 peserta, tapi hingga pukul 10.30 WIB yang mendaftar sudah 350 peserta.

Adapun pesertanya berasal dari perkumpulan majelis taklim, pengajian, dan anggota ikatan adyaksa. Selain diberikan layanan pemeriksaan gratis, para ibu-ibu ini juga diberikan paket sembako gratis dari panitia penyelenggara.

Menurut Norma diberikannya paket sembako ini untuk memicu agar para ibu-ibu mau memeriksakan kesehatannya. Sebab di Kalimantan Tengah untuk mencari peserta pemeriksaan dini kanker serviks dan payudara sangat sulit, sehingga harus dicari formula dengan diberikan bingkisan agar kegiatan ini diminati.

Ia menjelaskan jika dalam pemeriksaan ini diketahui ada peserta yang positif mengidap kanker serviks atau payudara, maka panitia akan menyarankan tindakan lanjutan pengobatan di rumah sakit dan biayanya akan digratiskan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan