HUT Ikatan Bidan se-Kalteng Diperingati di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)-nya ke-66 di Swisbell Hotel Danum, Palangka Raya, Selasa (11/7/2017).

Perayaan HUT IBI tahun ini sangat istimewa karena dihadiri pengurus dan anggota dari 13 kabupaten dan satu kota serta para bidan yang sudah purna tugas.

Dalam laporannya Ketua Panitia HUT IBI Kalteng, Siti Saudah, SKM mengatakan melalui momen HUT IBI tahun ini sekaligus dimanfaatkan untuk melaksanakan rapat organisasi.

Adapun tujuan umum konsolidasi ini dalam rangka persiapan Kongres Nasional IBI 2018, sedangkan tujuan khusus untuk melaporkan kegiatan IBI periode 2013-2018 serta sharing informasi kegiatan.

Selain itu melalui HUT IBI dengan tema ‘Bidan Mengawal Kesehatan Keluarga Dengan Pelayanan Holistik dan Berkesinambungan’ ini dimanfaatkan untuk meningkatkan solidaritas dan kekompakan organisasi dengan mentaati AD/ART.

Dijelaskan sebelum acara puncak HUT IBI telah dilakukan berbagai kegiatan seperti bakti sosial berupa pelayanan safari KB dan pemeriksaan kehamilan, hemoglobin, dan pemberian Fe pada ibu hamil yang dilaksanakan di Puskesmas Rakumpit, Palangka Raya pada 18 Mei 2017.

Selain itu diadakan pula acara silaturahmi pada 12 Mei 2017 dengan melakukan kunjungan kasih dan anjangsana ke bidan purna bakti yang sedang sakit dengan memberikan bingkisan dan dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam-makam bidan yang sudah meninggal.

Puncaknya melaksanakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) serentak seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada 5 Juli 2017 dan khusus di Kalteng dapat IVA 1.200 ibu-ibu.

Dalam HUT IBI kali ini dihadiri 2 orang dari pengurus IBI pusat, 24 orang dari provinsi, 70 orang dari pengurus IBI cabang seluruh Kalteng, 34 orang dari ranting, 10 orang institusi pendidikan, dan 400 orang dari pusat pelayanan rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (PKM).

Perayaan HUT IBI ini juga dihadiri Asisten II Pemerintah Kota Palangka Raya, Rahmadi HN mewakili walikota dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk,  Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak Kota Palangka Raya, Tiur Simatupang, serta pejabat dari pemerintah provinsi. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan