Hari Lahir Pancasila, Momen Refleksi Anak Bangsa

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara. Karenanya bagi generasi penerus dan bagian anak bangsa Indonesia untuk terus merefleksikannya.

Ungkapan bijak ini disampaikan Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, saat dibincangi terkait dengan moment Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni.

“Untuk menciptakan tatanan kenegaraan yang lebih baik, maka Pancasila menjadi dasar ideologi dan konstitusi bangsa Indonesia dan penanda jiwa kebangsaan,”ucapnya, Minggu (2/6/2019).

Ia melanjutkan, peranan anak bangsa, terutama pejabat dan penyelenggara pemerintahan harus mampu menumbuhkan rasa patriotisme kebangsaan kepada penerus bangsa selanjutnya. “Siapa lagi kalau bukan kita,” tegasnya lagi.

“Pentingnya menanamkan pemahaman akan sangat berarti bagi jiwa patriotisme generasi penerus,” tambahnya menekankan.

Menurut Sigit, Pancasila merupakan amanat dari para pendiri bangsa dimana kebangsaan dan jiwa kenegarawan serta cinta tanah air harus melalui nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Pancasila bukan datang dengan ide dan gagasan yang tiba-tiba, namun dengan proses nan panjang dalam memperjuangkannya. Ini tantangan kita untuk meneruskannya bagi generasi penerus,” cetusnya.

Secara mendalam Sigit meminta seluruh stakeholder untuk bisa meneladani Pancasila di seluruh tataran bangsa dan negara, di tengah ramainya politik identitas yang memerlukan pemahaman mendalam tentang Pancasila. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan