Hari Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Program

MEDIA CENTER, Palangka Raya – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya turut memperingati Hari Buruh yang jatuh setiap 1 Mei, namun tidak dilakukan dengan aksi unjuk rasa, tapi melaksanakan sejumlah kegiatan sosial. 

Misalnya saat car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan di kawasan Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Minggu (6/5/2018), BPJS Ketenagakerjaan mensosialisasikan programnya.

Di antaranya program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun. Di sela acara sosialisasi, BPJS Ketenagakerjaan juga mengadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis, khususnya cek gula darah dan asam urat.

“Hari Buruh merupakan momentum untuk membangun kesadaran perlindungan jaminan sosial,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya, Ahmad Edi Komaruddin melalui rilisnya yang dikirim, Senin (7/5/2018).

Di hari yang sama BPJS Ketenagakerjaan juga berpartisipasi dalam seminar Hari Buruh yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya bersama SBSI, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah.

Diketahui, hingga Mei 2018 BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya telah melindungi 2.030 badan usaha dengan jumlah tenaga kerja 65.830 penerima upah (formal) dan 17.887 bukan penerima upah. 

Para pekerja ini tersebar di Palangka Raya, Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, Katingan, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya.

“Sementara itu sejak Januari-Maret 2018 total klaim jaminan yang telah kami bayarkan untuk 1.864 kasus sebesar Rp15.791.027.032,” katanya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan