Hardiknas 2022 Serentak Melangkah Menuju Merdeka Belajar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Peringatan Hardiknas 2 Mei 2022 tahun ini memang tertunda karena libur Idulfitri dan cuti bersama. Meski demikian, akhirnya upacara Hardiknas dapat digelar hari ini Jumat, 13 Mei 2022 dengan penuh semangat merdeka belajar.

SMAN 5 Palangka Raya menggelar upacara dengan penuh khidmat di halaman sekolah dalam suasana sejuk dan cuaca cerah. Ratusan siswa dan puluhan guru beserta staf mengikutinya dengan penuh antusiasme. Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy bertindak sebagai pembina upacara mewakili kepala sekolah, Ramli yang harus mengikuti upacara di halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Pembina upacara membacakan amanat Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim. Amanatnya mengajak semua insan pendidikan untuk serentak bergerak memulihkan pembelajaran menuju merdeka belajar.

Selama dua tahun terakhir pandemi Covid-19 banyak sekali tantangan yang dihadapi dengan penuh ketangguhan dan bisa kita lewati bersama. Ini menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang tangguh untuk bergerak bangkit menuju pemulihan meraih merdeka belajar.

Dijelaskan bahwa sekarang ini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia yang menunjukkan bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan lebih gembira dan lebih merdeka. Ini tentu pencapaian harus terus didukung dan ditingkatkan.

 

Selain para siswa, kini para seniman dan pelaku budaya juga sudah mulai bangkit berkarya lagi dengan lebih merdeka dalam berekspresi secara positif dan menggerakkan kebudayaan luhur Indonesia. Ini tentu hal positif dan luar biasa yang perlu diapresiasi.

Semua perubahan positif yang dirasakan para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, pencapaian ini juga sudah digaungkan sampai ke luar negeri. Ini membuktikan bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tapi pemimpin dari gerakan pemulihan untuk meraih merdeka belajar.

Tentu kita semua sepakat bahwa kondisi yang berangsur pulih akan segera menjadi kenyataan. Sebagai wujud rasa syukur, kita akan terus bergerak secara bijak bersama-sama menuju kondisi yang lebih baik untuk mendukung merdeka belajar dan mewujudkan generasi yang berkarakter mulia yang siap menghadapi perubahan dan beragam tantangan. (MC Isen Mulang.2/ndk)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Leave a Reply