Gudep dan Saka Kominfo Palangka Raya Dikukuhkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengukuhkan Gugus Depan (Gudep) dan Satuan Karya Pramuka (Saka) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Palangka Raya.

Pengukuhan tersebut dihadiri Asisten II Setda Kota Palangka Raya, Ikhwansyah mewakili Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, serta para andalan Kwarcab Kota Palangka Raya, Sabtu (16/2/2019) di Aula Peteng Karuhei (PK) II, Kantor Walikota Palangka Raya.

“Dengan telah dikukuhkannya kepengurusan Saka Kominfo dan Gugus Depan Kominfo ini setidaknya dapat menambah semangat baru bagi pertumbuhan dan perkembangan kepramukaan di Kota Palangka Raya,” ungkap Ikhwansyah saat membacakan sambutan Walikota Palangka Raya.

Dikatakan, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang gerakan Pramuka mengatur tujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup.

“Kepribadian mulia dan berkecukupan hidup adalah satu kalimat singkat yang bisa menggambarkan amanat UU gerakan Pramuka tersebut. Dua aspek fisik inilah sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia,” ucap Ikhwansyah.

Sementara kata dia, terkait dengan gugus depan yang ada di Kota Palangka Raya merupakan salah satu wadah yang memiliki peran penting bagi pembinaan anggota pramuka khususnya peserta didik. Sedangkan berdirinya Satuan Karya Pramuka tentulah tidak terlepas dari peran gugus depan yang ada, oleh karena itu perlu adanya kerja sama yang baik sehingga nantinya akan berjalan berdampingan dengan baik.

“Pemerintah Kota Palangka Raya akan selalu mendukung terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarcab Kota Palangka Raya,” ujar Ikhwansyah menyampaikan.

Adapun Mofit Saptono Subagio yang juga mantan Wakil Walikota Palangka Raya ini melantik puluhan anggota Pramuka untuk kepengurusan Saka Kominfo dan juga puluhan anggota Pramuka untuk pengurus Gugus Depan Kominfo Palangka Raya.

“Gudep dan Saka Pramuka Kominfo ini adalah bagian terpenting serta menjadi wadah untuk membina dan menambah wawasan anggota Pramuka, khususnya bidang komunikasi dan informasi,”ujar Mofit.

Diharapkan melalui Gudep dan Saka Pramuka Kominfo tersebut, anggota Pramuka dapat menambah  pengetahuan terutama belajar tentang media komunikasi dan informasi yang selama ini terus berkembang seiring perkembangan jaman. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan