Giliran Murid SDN 3 Bukit Tunggal Dikenalkan Cintai Lingkungan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Giliran murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya dikenalkan cara mencintai lingkungan dengan cara menanam pohon dan pengenalan sistem biopori.

Penanaman pohon dan penanaman pipa untuk sistem biopori ini diajarkan oleh Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio kepada para murid SDN 3 Bukit Tunggal, Sabtu (25/11/2017).

Dalam acara penanaman pohon di sekolah yang beralamat di Jalan Bondang, Jalan Tjilik Riwut Km 8 juga dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya, Barit Rayanto.

Pengenalan sejak dini agar para anak mencintai lingkungan sebelumnya juga diberikan kepada murid SDN 4 Bukit Tunggal di Jalan Tenggiri, Sabtu (4/11/2017).

Konsep menjaga lingkungan agar bisa mengurangi potensi banjir dan menjadikan lingkungan menjadi asri merupakan inovasi dari Diana Fransika, ASN Badan Litbang Kota Palangka Raya.

Inovasi ini dilakukan untuk melengkapi tugas Diklatpim IV. Sama dengan murid SDN 4 Bukit Tunggal, di SDN 3 Bukit Tunggal ini para murid juga diberikan penjelasan manfaat menanam pohon.

Selain lingkungan kelak menjadi sejuk juga buahnya bisa dinikmati, karena yang ditanam ini adalah khusus jenis pohon yang produktif seperti belimbing, sawo, rambutan, dan lainnya.

Menurut Diana, kegiatan Gerak Sadar pengenalan pelestarian alam kepada murid SDN melalui penanaman pohon dan pengenalan sistem biopori dilakukan dilima sekolah.

Diana mengatakan sistem biopori sangat membantu dalam mempercepat resapan air ke dalam tanah. Metode ini dinilai mampu mengatasi genangan air yang selalu membanjiri halaman sekolah atau rumah warga. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan