Gerakan Sadar Buang Sampah Perlu Dioptimalkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah mengajak, seluruh lapisan masyarakat , untuk lebih mengoptimalkan gerakan sadar buang sampah pada tempatnya. Hal itu mengingat kondisi wilayah “Kota Cantik” sedang mengalami wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Saya mengajak masyarakat untuk sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya, agar tidak ada lagi nyamuk yang mengakibatkan wabah DBD di kota ini,” tegasnya, Sabtu (15/12/2018).

Diakui Umi, pemerintah hingga kini masih sulit mengatasi permasalahan sampah, jika tidak didukung oleh masyarakat. 

“Mulai hal terkecil dalam keluarga, menunjukan masyarakat sadar bisa membantu menjaga lingkungan, sehingga tidak ada permasalahan yang timbul yang dapat merugikan banyak orang,”ujarnya. 

Mantan anggota DPRD Kota Palangka Raya inipun, mencontohkan sekaligus mengapresiasi upaya yang dilakukan warga dikawasan  destinasi wisata Air Hitam  di Kereng Bangkirai, yang kompak dalam menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kawasan sungai.

“Ini menunjukan warga sudah sadar buang sampah pada tempatnya. Komitmen untuk menjaga lingkungan yang bersih, harus dipertahankan,”ucapnya.

Dengan kawasan lingkungan yang bersih kata Umi, maka pola hidup bersih dan sehat akan dapat dirasakan. Lingkungan pun akan bebas dari penyebaran nyamuk dan penyakit lain karena lingkunganya terjaga bersih.

Ia pun berharap, jika sejauh ini masalah sampah dan pola pikir masyarakat yang masih sembarangan membuang sampah pada tempatnya harusnya ditinggalkan. 

“Saat ini musih hujan maka rentan terjadinya banjir akibat tak berfungsinya drainase karena tertutup tumpukan sampah. Ini harus dipahami agar gerakan sadar kebersihan memang penting,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan