Generasi Muda Memiliki Tanggungjawab Menentukan Nasib Pembangunan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya terpilih Fairid Nafarin mengungkapkan, kaum muda memiliki peran dan tanggungjawab penting dalam menentukan nasib pembangunan.
Salah satu peran penting tersebut adalah ikut mensukseskan setiap pelaksanaan pesta demokrasi, seperti pilkada dan pemilu untuk pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

Harus diakui kata Fairid, peran kaum muda dalam hal berpartisipasi guna memberikan hak pilihnya untuk memilih pemimpin masih kurang. Kenyataan tersebut lebih disebabkan belum kuatnya pengetahuan dan pemahaman maupun pengenalan tentang pentingnya pendidikan politik.

“Saya pikir kaum muda terutama  kalangan mahasiswa perlu memperkuat lagi pengetahuan politik maupun demokrasi,”ungkap Fairid saat berbicara pada kegiatan talkshow pemilu 2019 yang digelar KPU Provinsi Kalteng. Talkshow yang dihadiri ratusan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, ini berlangsung di aula Masjid Darussalam Palangka Raya, Selasa (14/8/2018).

Lanjut Fairid, generasi muda saat ini dituntut pula untuk memiliki wawasan ideologi dalam pendidikan politik. Lemahnya pengetahuan akan politik menyebabkan menjadi penyumbat serta lunturnya sikap terhadap proses demokrasi dimasyarakat.

“Yaitu aspirasi terkalahkan, akibat menganggap tidak pentingnya setiap pelaksanaan pesta demokrasi,” ujarnya.

Kedepan tambah Fairid kaum muda harus memiliki rasa tanggungjwab, terutama dalam menghadapi pemilu 2019. Mulailah kata dia, menumbuhkan pemahaman akan hak aspirasinya yang sangat penting dalam menentukan nasib keberlangsungan pembangunan. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan