Generasi Muda Harus Teladani Kegigihan Para Pejuang

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretaris KNPI Kota Palangka Raya, M. Andre Rizki Perdana mengatakan, dalam memaknai arti kemerdekaan bagi generasi penerus saat ini, maka kaum muda pada khususnya, diharapkan mampu menjadi pionir perubahan dalam membangun bangsa.

“Iya, di era persaingan global saat ini, maka generasi muda harus menelurkan banyak gagasan dan mampu berinovasi. Sehingga pada akhirnya mampu menoreh prestasi,”ungkapnya, Selasa (16/8/2022).

Menurut Andre, banyak yang bisa dilakukan generasi muda dalam memaknai arti kemerdekaan saat ini. Terutama jangan lengah dengan banyaknya atraksi dari negara luar yang bisa membuat tergerus identitas diri bangsa. Karena itu, kaum muda harus berperan dan memiliki pengabdian pada masyarakat, serta terus mengenalkan identitas budaya yang dimiliki kepada dunia luar.

“Contohnya, kami selalu mengingatkan para kader muda di setiap organisasi kepemudaan (OKP), maupun kader di KNPI itu sendiri, bahwa tantangan yang dihadapi saat ini bukan soal penjajahan maupun perang, melainkan musuh yang dapat merusak jati diri bangsa. Contohnya kita harus berperang terhadap ancaman narkoba, dan pengaruh luar yang bisa menggerus identitas diri bangsa,”tukasnya.

Terlepas dari itu imbuh Andre, satu hal yang perlu diambil dan diteladani dari para pahlawan pejuang terdahulu, yakni kegigihan untuk meraih kemerdekaan. Tentunya kegigihan untuk saat ini, dalam kontek lain, dimana generasi muda sebagai penerus tongkat estapet kepemimpinan harus terus berani mencoba melakukan perubahan.

“Kontek kegigihan yang dimaksud saat ini tidak lain, bagaimana generasi muda mampu meraih cita-cita dengan sikap gigih dan optimistis,” ujarnya.

Sikap kegigihan yang dimiliki para pejuang bangsa inilah, bisa diambil guna memaknai arti kemerdekaan pada tataran praktis diera kemerdekaan saat ini. “Intinya, generasi muda harus punya cita-cita dan arah kedepan.Nah, untuk mencapainya tentu dengan kegigihan yang dibalut dengan sumber daya manusia yang mumpuni,” tambah Andre.

Sejatinya tambah dia, makna kemerdekaan harus bisa diresapi oleh setiap generasi muda. Terutama bagaimana untuk berani mengambil keputusan yang sulit sekalipun. Karenanya, apapun itu, maka generasi muda harus berjuang keras dengan kegigihan, guna mencapai masa depan yang lebih baik. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *