GELAR PENGAWASAN TAHUN 2021 INSPEKTORAT KOTA PALANGKA RAYA

Palangka Raya, Rabu 12 Januari 2022-

Inspektorat Kota Palangka Raya melaksanakan Gelar Pengawasan Tahun 2021 secara daring melalui aplikasi zoom pada pukul 07.30 s.d selesai dengan tema “APIP Mengawal Pemerintah Kota Palangka Raya Menuju Agile Governance. Acara dibuka dengan sambutan dari Walikota Palangka Raya yang dibacakan oleh Sekretaris Walikota Palangka Raya. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya serta FORKOPIMDA (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah).

Tujuan penyelenggaraan acara Gelar Pengawasan Inspektorat Kota Palangka Raya Tahun 2021 adalah :

  1. Meningkatkan fungsi dan peranan Pengawasan dalam pelaksanaan tugas pada setiap Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya;
  2. Meningkatkan efektivitas kegiatan pengawasan yang menempatkan tindak lanjut rekomendasi hasil pengawasan sebagai salah satu substansi yang sangat penting dalam proses pengawasan;
  3. Mendorong terciptanya kesadaran seluruh jajaran Aparat Pemerintah untuk menghindarkan diri dari tindakan yang mengarah keperbuatan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Gelar Pengawasan ini dilaksanakan untuk melihat indikator pencapaian penyelesaian tindak lanjut seluruh SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya. Acara Gelar Pengawasan juga diisi materi dari KPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Septa Adhi Wibawa Direktorat III Koordinasi dan Supervisi KPK RI), BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Tukino, S.E., MH., AK, CA. Kepala Sub Auditorat Kalteng I), BPKP Provinsi Kalimantan Tengah (Cucu Supangkat, S.E., CA, AK. Auditor Madya) serta materi dari Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah (Eko Sulistiono, SSTP, M.AP, Inspektur Pembantu I).

Diakhir acara Gelar Pengawasan ditutup oleh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya dan juga diumumkan 5 SOPD dengan Progress Tindak Lanjut Audit Kinerja Tahun 2021 tertinggi yaitu :

  1. Sekretariat DPRD 
  2. Dinas Perhubungan
  3. Dinas Perikanan 
  4. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan 
  5. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan 

Dan 3 SOPD dengan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) terbaik yaitu;

  1. Inspektorat Kota Palangka Raya
  2. Dinas Kesehatan
  3. Dinas Perhubungan 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply