Gelar Apel Akbar dan Deklarasi Pilkada Damai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah menggadakan kegiatan apel akbar dan deklarasi Pilkada damai di Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Rabu (14/2/2018) pagi.

Apel akbar ini dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran. Selain dihadiri Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko apel akbar ini juga dihadiri Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika.

Apel akbar ini juga dihadiri seluruh pasangan calon kepala daerah dari 10 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah. Hadir pula para pendukung pasangan calon, pengurus partai politik, pejabat pemerintah dan anggota DPRD.

Dalam deklarasi damai ini para calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada serentak 27 Juni 2018 nanti diminta komitmennya menjaga pelaksanaan Pilkada dengan damai. Bukti komitmennya itu dibubuhkan dalam penandatanganan.

Dalam deklarasi ini pula gubernur menyampaikan himbauan yang harus ditaati oleh semua pasangan calon. Imbauan pertama, deklarasi damai ini merupakan komitmen moral bagi pasangan calon jika dalam pilkada, etika dan norma harus dijunjung tinggi.

Himbuan kedua, aparat kepolisian, kejaksaan, dan TNI berpartisipasi aktif dalam mencegah terjadinya perpecahan selama masa kampanye. Himbauan ketiga, gubernur meminta penyelenggara Pilkada bekerja netral, profesional dan tidak memihak kepada salah satu calon.

Kemudian himabuan ke-4, gubernur menghimbau tokoh masyarakat dan adat untuk membantu menciptakan situasi yang kondusif. Masyarakat Kalimantan Tengah harus bijak menyikapi perbedaan agar tidak terpecah belah gara-gara Pilkada.

Acara apel akbar dan deklarasi Pilkada damai ini berlangsung cukup lama, karena sekalian diperlihatkan simulasi penangangan aksi unjuk rasa yang diperankan oleh aparat kepolisian dan para ASN Polda Kalimantan Tengah. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan