Gelar Acara Dharma Shanti Bagi Guru dan Siswa Hindu Kaharingan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Memperingati hari raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1940, gabungan guru dan siswa tingkat SMP, SMA dan SMK se- Kota Palangka Raya menggelar acara Dharma Shanti. Acara yang mengambil tempat di Balai Hindu Kaharingan Palangka Raya itu dihadiri Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio dan sejumlah jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya, Selasa (17/4/2018).

Dihadapan  para guru dan ratusan siswa yang hadir pada acara tersebut, Mofit mengatakan, atas  nama Pemerintah Kota Palangka Raya, mengungkapkan rasa bangga serta mengapresiasi acara Dharma Shanti hari raya Nyepi yang digelar oleh gabungan guru dan siswa agama Hindu Kaharingan.

Kegiatan itu dapat menjadi sarana bagi masyarakat Hindu, terutama para guru dan siswa untuk  terus mempererat dan menjaga tali silaturahmi serta rasa kekeluargaan. “Kegiatan ini sangat berarti dan menjadi contoh yang baik, agar para pendidik dan guru selalu merefleksikan diri kepada Maha Pencipta,”ungkapnya.

Harus diakui, saat ini peran guru sangat berat, tidak hanya bertugas mentransfer ilmu pengetahuan, disisi lain juga harus memiliki kemampuan lebih atau plus, guna membangun kaidah-kaidah keagamaan. “terutama dalam pengembangan kepribadian peserta didik agar lebih agamais, “cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Mofit juga berpesan, agar diera serba digital saat ini para guru maupun peserta didik, hendaknya tidak terjebak dengan perkembangan teknologi yang bisa menjerumuskan kehal-hal negatif. “Gunakanlah teknologi secara bijak, kehal-hal positif. Seperti acara Dharma Shanti ini, silahkan share foto ke facebook, whatsapp sebanyak-banyaknya. Inikan jelas sisi positif yang disampaikan,”tutur Mofit.

Adapun acara Dharma Shanti yang mengambil tema “dengan semangat catur brata penyepian guna membangun kerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran yang bakarakter mulia”.

Acara dihadiri, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya H. Baihaqi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, Kepala Dinas Kominfo Palangka Raya, Murni, serta sejumlah tokoh agama Hindu-Kaharingan yang ada di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan