“Gebyar Museum” Jalin Kecintaan Masyarakat dan Pelajar Dengan Museum

MEDIA CENTER, Palangka Raya – UPT Museum Balanga  Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah,  menggelar Gebyar Museum 2018, yang dilaksanakan dari  tanggal 27-28 November 2018.

Kegiatan gebyar museum yang melibatkan kalangan pendidik hingga pelajar tersebut, mengambil tempat di Museum Balanga Palangka Raya, Selasa (27/11/2018).

“Gebyar museum ini dilaksanakan sesuai dengan program pemerintah pusat dan daerah. Bertujuan agar masyarakat dan pelajar sebagai kaum milenial, dapat lebih mencintai nilai budaya dan sejarah, terutama melalui museum,”ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan sesaat sebelum membuka kegiatan tersebut.

Dijelaskan, melalui museum masyarakat maupun pelajar akan mendapatkan edukasi  tentang budaya dan sejarah, terutama yang tergambar  dalam benda-benda sejarah yang terpampang pada museum.

“Upaya pengembangan pelestarian sejarah dan budaya termasuk kepariwisataan bukan hanya tugas pemerintah, namun merupakan tugas yang harus diemban bersama antara pemerintah dan masyarakat umum,”ujar Guntur.

Dengan dilaksanakannya gebyar museum ini tambah dia, diharapkan masyarakat Kalteng mampu meningkatkan kecintaan terhadap museum sebagai pusat informasi suatu daerah bahkan menjadi tempat rekreasi.

Sementara itu Kepala UPT Museum Balanga Palangka Raya, Maliaki mengatakan, kegiatan gebyar museum ini menjadi agenda rutin digelar, mengingat merupakan program pemerintah pusat dan daerah dengan harapan untuk mendekatkan museum dengan masyarakat maupun pelajar.

” Mereka  dapat mengetahui identitas bagaimana sejarah museum maupun kultur budaya,” tuturnya.

Sejauh ini tambah Maliaki, animo elemen masyarakat untuk berkunjung ke Museum Balanga Palangka Raya pada khususnya, terus meningkat.

“Bahkan kami minta sinergitas dengan setiap OPD lingkup pemerintah daerah, lembaga pendidikan maupun sekolah, agar dapat memanfaatkan museum dalam melaksanakan berbagai kegiatan,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan