Gaji ASN Palangka Raya ke-13 dan 14 Cair Sebelum Idul Fitri

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ada kabar baik buat seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, kecuali tenaga honorer atau kontrak.

Kabar baik itu, tidak lama lagi seluruh ASN Kota Palangka Raya akan menerima gaji ke-13 dan 14, sedangkan untuk para tenaga kontrak dan honorer untuk saat ini tidak ikut menerima, karena anggaran untuk THR mereka belum disediakan pemerintah.

Kabar baik ini langsung disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya, Fordiansyah seusai mengikuti acara buka puasa bersama di Masjid Ash Syufiyah, Jalan Basir Jahan, Kelurahan Sabaru, Senin (5/6/2017).

Fordiansyah mengatakan dana untuk gaji ke-13 dan 14 sudah disalurkan pemerintah pusat ke daerah sejak Januari 2017. Hanya saat ini pemerintah daerah belum bisa menyalurkannya karena belum ada petunjuk teknis dari Kementerian Keuangan.

Saat ini Kementerian Keuangan masih menunggu peraturan presiden. Jika sudah keluar PP-nya, maka Kementerian Keuangan selanjutnya mengeluarkan surat perintah pembayaran gaji ke-13 dan THR atau gaji ke-14 untuk ASN seluruh Indonesia.

Fordianysah menjelaskan maksud diberikannya gaji ke-13 ini untuk meringankan beban para ASN, khususnya bagi pegawai yang punya anak sekolah disaat awal tahun ajaran baru, misalnya digunakan untuk beli seragam baru dan peralatan sekolah lainnya.

Sedangkan pemberian THR dimaksudkan untuk membantu para ASN yang akan merayakan Idul Fitri. Sebab keperluan yang akan dibeli untuk persiapan lebaran cukup banyak, sehingga pemerintah berinisiatif membantu dengan gaji ke-14.

Bedanya kalau gaji ke-13 diberikan full gaji pokok plus tunjangan, sedangkan gaji ke-14 diberikan hanya gaji pokok. Fordi memastikan pembayaran gaji ke-13 dan 14 ini akan diberikan sekaligus sebelum lebaran. (MC. Isen Mulang)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan