FKIP UPR Gelar Pentas Karya Seni Sendratasik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Program Studi (Prodi) Pendidikan Sendratasik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR) menyelenggarakan kegiatan dengan tajuk “Pagelaran Karya Seni Sendratasik  2019.

Ketua Prodi Pendidikan Sendratasik FKIP UPR, Jimy O.Andin,S.Sn,M.Pd, mengatakan, kegiatan pagelaran karya seni Sendratasik akan digelar pada 19/12 (hari ini red), sampai dengan 22/12-2018. Dengan mengambil tempat di Gedung Olah Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya. 

“Pagelaran ini akan menampilkan 20 karya seni mahasiswa, sebagai output mereka setelah menempuh Mata Kuliah Komposisi Koreografi/Tari,” ungkap Jimy, Selasa (18/12/2018).

Dijelaskan, 20 karya seni mahasiswa tersebut terdiri  atas beragam persembahan . Seperti karya seni bernafaskan  Dayak Kalteng, instrumen musik pilihan, musik Kalteng lanjutan, tari nusantara, piano dasar, harmoni dasar, paduan suara, seni peran dan gelar karya seni.

“Kegiatan ini direncanakan di buka secara resmi oleh Rektor UPR, Dr.Andrie Elia,SE,M.Si , didamping Dekan FKIP UPR, Prof.Dr.Joni Bungai,M.Pd,” tutur Jimy.

Dikatakan, pagelaran karya seni yang menampilkan hasil karya seni mahasiswa tersebut, selain sebagai bahan evaluasi kuliah dan UAS praktik, kegiatan itu juga diharapkan dapat menjadi momen tetap strategis guna mendukung peran dan fungsi Tri Dharma PerguruanTinggi .

Oleh karena itu, FKIP sebagai bagian UPR berkewajiban untuk ikut serta dalam mengkaji, melestarikan, memberdayakan, sekaligus mempromosikan karya seni budaya daerah. Khususnya di  Bumi Tambun Bungai Provinsi Kalimantan Tengah.

“Ya, kedepan Prodi Pendidikan Sendratasik UPR  merencanakan akan menggelar kegiatan yang bertajuk Festival Seni Kampus Kalimantan dengan melibatkan para pelaku dan  jejaring seni,” tambah Jimy. 

Tidak hanya itu saja lanjut dia, Prodi Pendidikan Sendratasik UPR  juga bakal melaksanakan  pertunjukan karya dan seni antar Himpunan Mahasiswa Perguruan Tinggi (HMPS ), yang akan diikuti para dosen prodi seni disetiap Perguruan Tinggi (PT) se Kota Palangka Raya. Bahkan direncanakan akan mengundang prodi prodi seni PT lainnya se-Kalimantan.

“Hal ini menunjukkan bahwa upaya pelestarian dan pengembangan dimensi seni budaya telah dipandang sebagai suatu misi strategis dan prioritas oleh Universitas Palangka Raya, di dalam turut serta membangun jatinitas dan karakteristik kebudayaan daerah dan nasional di dalam bingkai NKRI,” pungkas Jimy. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan