Fifi Arfina : Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Yang Baik Dalam Mengelola Aduan dan Aspirasi Masyarakat

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Fifi Arfina membuka kegiatan monitoring dan evaluasi pengelolaan pengaduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N – LAPOR) di aula Peteng Karuhei II Kantor Pemerintah Kota Palangka Raya, Selasa (9/8/2022).

Kegiatan yang diikuti seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya ini sebagai komitmen Pemko dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang baik dalam mengelola aduan dan aspirasi masyarakat.

Fifi Arfina mengatakan secara garis besar terdapat tiga alasan pengelolaan pengaduan masyarakat menjadi sangat penting di antaranya masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas dan sesuai standar pelayanan yang ditetapkan. Kemudian dengan adanya pengaduan masyarakat merupakan kesempatan bagi instansi pemerintah untuk mengevaluasi dan melakukan perbaikan. Yang terkahir adalah sebagai sarana pengelolaan pengaduan dan memberikan kesempatan pemerintah untuk memberikan jawaban, klarifikasi, penjelasan yang layak.

“Peran masyarakat dalam menyampaikan kritik, saran maupun masukan kepada pemerintah terkait pelayanan publik sangat penting dalam upaya meningkatan pembangunan dan menciptakan kualitas pelayanan publik ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Dirinya mengungkapkan melalui Monitoring dan Evaluasi pengelolaan pengaduan SP4N – LAPOR ini, dapat menjadi sarana evaluasi dan meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik sehingga ke depannya dapat terbangun komitmen bersama antara pejabat penghubung dan operator LAPOR dalam mengimplementasikan aplikasi LAPOR sebagai kanal pengaduan masyarakat.

“Dengan adanya peningkatan pengelolaan pengaduan layanan publik, diharapkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan terus meningkat demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan terpercaya,” tutupnya. MC Isen Mulang/Gusti/ndk

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan