Festival Seni Budaya Tingkat Provinsi Digelar

MEDIA CENTER,Palangka Raya- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah  Guntur Talajan membuka secara resmi gelaran Festival Seni Budaya Tingkat Provinsi Kalteng di Palangka Raya, Selasa (13/3/2018).

Pelaksanaan festival seni budaya yang dipusatkan di aula Museum Balanga Kota Palangka Raya, diikuti  ratusan peserta dari usia pelajar serta pemuda  melalui sangar-sangar seni dari beberapa kabupaten dan kota di Kalteng.

“Festival ini menjadi  tempat bagi generasi muda  untuk dapat menampilkan inovatif dan kreativitas karakteristik khas pada masing-masing daerah,”ungkap Guntur dalam sambutannya.”

Festival seni budaya  ini lanjut dia, adalah event yang bertujuan agar siswa dan generasi muda dapat mengenal jati dirinya, serta mengenal seni budaya tradisional.

“Mengenal seni budaya tradisional dapat menjadi filter untuk menekan budaya asing yang semakin mempengaruhi keberlangsungan seni budaya daerah,”tuturnya.

Ditambahkan Guntur, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kalteng akan terus  memberikan motivasi dan ruang seluas-luasnya bagi para pelajar dan generasi muda untuk terus menggali kesenian tradisional, sehingga kearifan lokal di Bumi Tambun Bungai selalu terjaga  sebagai bagian dari “Kalteng Berkah”.

Sementara itu Hj.Mahmudah selaku ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan, festival seni budaya se Kalteng adalah merupakan event untuk pertama kali digelar bagi kalangan pelajar dari beberapa tingkatan usia. 

Disebutkan, selain peserta dari sanggar seni Kota Palangka Raya, event ini juga diikuti peserta dari perwakilan sanggar seni kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Pelaksanaan festival ini digelar dari tanggal 12 sampai dengan 14 Maret, dengan memperlombakan dua jenis lomba, yakni  tari tradisi dan musik tradisi,”terangnya.

Pembukaan Festival tersebut dihadiri sejumlah kepala dinas, kepala unit dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng dan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, Kepala UPT Museum, Kepala UPT Taman Budaya, pemerhati budaya dan seni serta perwakilan sanggar seni se-Kalimantan Tengah.
(MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan