Festival Pelajar Nusantara Sebagai Ajang Unjuk Kreasi Pelajar

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Festival Pelajar Nusantara yang digelar RRI Kota Palangka Raya sejak tanggal 24 Oktober 2022 resmi ditutup, Jumat (28/10/2022).

Penutupan Festival Pelajar Nusantara diisi dengan penampilan kreasi dari pelajar seperti tari-tarian, grup vokal, pencak silat, dan karungut serta penampilan seni budaya khas Kalimantan Tengah.

Walikota Palangka Raya dalam sambutanya yang dibacakan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya, Murni Pelita mengatakan kegiatan festival pelajar nusantara ini sebagai wadah berkreasi agar selalu produktif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesenian yang perlahan-lahan yang mulai bangkit kembali.

“Kegiatan seperti yang digelar RRI ini merupakan salah satu langkah strategi untuk terus beraktivitas dan berkreasi. Ini harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya agar bangkit kembali serta dapat terus digelar secara berkesinambunngan disertai evaluasi untuk peingkatan kualitas,” ucap Murni. 

Dirinya menambahkan momen festival budaya nusantara ini sebagai ajang mempersiapkan generasi muda sebagai generasi masa depan yang harus memiliki daya saing kuat di era digitalisasi.

“Festival pelajar Nusantara merupakan momen membangun sinergitas dan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dalam rangka mempersiapkan generasi muda meraih masa depan indonesia yang lebih hebat dan memiliki daya saing yang kuat diera digitalisasi,” Tambahnya

Kegiatan festival pelajar nusantara ini dilaksanakan dalam rangka menjaga, melestarikan dan memperkenalkan adat istiadat tradisi budaya Kalimantan Tengah yang diharapkan menjadi media edukasi dalam rangka pengembangan potensi diri dan menjadi salah satu alat untuk mengasah kepekaan sosial intelektual dalam upaya memajukan kebudayaan.

“Karena itu saya berharap kepada para pelaku seni budaya agar terus dan tetap berkarya serta eksis dalam mempromosikan dan mempublikasikan seni budaya Kota Palangka Raya.” Tuturnya

Sementara itu Kepala LPP RRI Palangka Raya, Apral Miswirawan mengatakan tujuan diadakannya Festival Pelajar Nusantara ini adalah memberi wadah kepada generasi muda khususnya para pelajar untuk berkreasi, agar mereka dapat dijauhkan dalam hal negatif seperti kenakalan remaja, kekerasan sosial, narkoba dan hal negatif lainnya.

“Mereka tadi menampilkan kreasi seperti tari, menyanyi, puisi, pencak silat dan lain-lain, mereka pasti melakukan persiapan hingga dapat tampil. Melalui ajang ini mereka bisa membuktikan bakat yang mereka miliki, sehingga nantinya dapat memotivasi sekolah lain untuk dapat terlibat di tahun yang akan datang,” tutupnya.MC Isen Mulang/Gusti/ndk

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan